tentang cianjur 1

sudah banyak blog2 maupun website 2 yang mengupas tentang cianjur, kota tempat kelahiran saya dan tempat dimana saya berada sekarang. namun walaupun demikian masih banyak orang2 kota yang belum tau dimana dan seberapa luas cianjur itu, apa saja yang khas dari cianjur ini, diaman saja tempat wisata nya, kluiner2 nya bagaimana dan dimana saja.

baiklah, melalui blog ini saya ingin menceritakan tentang cianjur berdasarkan pengetahuan dan pengalaman saya bekerja “ngukur jalan” di wilayah cianjur😀. pada bagian pertama ini saya akan menuliskan tentang profil cianjur secara umum

mungkin banyak yang tidak tau bahwa wilayah cianjur itu lebih luas daripada ibukota Republik Indonesia tercinta ini. menurut penelusuran saya di mang google dan bi wiki, ternyata luas cianjur itu sekitar 3.432,96 km², sedangkan luas Jakarta adalah 740,28 Km2. berapa kali lipat tuh?? (silahkan dihitung untuk yang jago matematika). dengan luas wilayah yang cukup besar seperti itu harusnya Cianjur bisa mengembangkan diri dan bisa lebih maju.  namun upaya ini masih terbentur dengan kondisi geografis yang bergunung-gunung, bukit-lembah dan terlalu luasnya wilayah.

Cianjur,  dibatasi oleh 2 kabupaten di wilayah utara, yaitu Bogor dan Purwakarta, kemudian Kabupaten Bandung dan Garut menjadi batas di sebelah timur, Kabupaten Sukabumi di sebelah barat, dan tentu saja samudera Hindia di sebelah selatan.  jarak pusat kota cianjur sendiri sebenarnya tidak terlalu jauh dari ibukota propinsi Jawabarat alias Kota Bandung, yakni hanya sekitar 63 km atau kurang lebih 1,5 – 2 jam perjalanan darat. jika ditempuh dari Ibukota Jakarta pun, Cianjur masih rasional untuk didatangi, karena hanya dengan sekitar 3 jam perjalanan darat, warga ibukota sudah bisa menikmati kesejukan suasana cianjur. (tapi itu belum termasuk macet di jalulr puncak pas weekend, apalagi long weekend heuheu)

berdasarkan pandangan mata saya di stasiun kereta api, yang berada di pusat cianjur, ketinggian kota ini sekitar 480an mdpl, jika terus naik ke arah cugenang apalagi hingga cipanas, bisa dibilang bahwa cianjur adalah kota berhawa sejuk karena berada di ketinggian diatas 1500mdpl (fyi, titik tertinggi nya adalah 2.962 mdpl yaitu berada di puncak gunung gede).  selain hawanya yang menyegarkan, cianjur juga bebas macet, tidak terlalu banyak angkot seperti kota besar tetangga nya bogor atau bandung, dan penduduknya ramah2 seperti saya (boleh dong narsis :p)

Bagi yang sangat senang atau punya tugas geografi dan disuruh mencari tau koordinat cianjur, saya kasih tau deh bahwa cianjur itu terletak pada titik koordinat 106o42’-107o25’ Bujur Timur dan 6o21’-7o32’ Lintang Selatan (monggo bayangin..hehehe).

dengan luas wilayah yang agak2 gimanaaa gitu alias guede, Cianjur terbagi menjadi hanya 32 kecamatan saja, itupun baru ditambah 2 kecamatan pada tahun 2008 yaitu Pasirkuda yang merupakan pemekaran wilayah Tanggeung dan Pagelaran, serta Haurwangi yang merupakan pemekaran Ciranjang dan Bojongpicung dan berbatasan langsung dengan kabupaten bandung barat. berikut ini adalah 32 nama kecamatan yang ada di wilayah Cianjur ( silahkan dihitung ada 32 ngga)

Cianjur, Cugenang, Karangtengah, Ciranjang, Bojongpicung, Sukaluyu, Haurwangi, Mande, Cikalongkulon, Pacet, Cipanas, Sukaresmi, Warungkondang, Gekbrong, Takokak, Cibeber, Cilaku, Campaka, Campakamulya, Sukanagara, Kadupandak, Cijati, Sukanagara, Pagelaran, Pasirkuda, Tanggeung, Cibinong, Leles, Agrabinta, Sindangbarang, Cidaun, serta Naringgul.

iklim di Cianjur sama seperti wilayah Indonesia lainnya yaitu tropis (penting ya dikasih tau??hehehe secara emang cianjur ini bagian kecil wilayah Indonesia tercinta) sedangkan curah hujannya berkisar antara .000 sampai 4.000 mm dan jumlah hari hujan rata-rata 150 per-tahun. Sebenarnya dengan iklim tropis tersebut bisa menjadikan kondisi alam Kabupaten Cianjur subur dan mengandung keanekaragaman kekayaan sumber daya alam sehingga potensial sebagai modal dasar pembangunan dan potensi investasi.

6 thoughts on “tentang cianjur 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s