Merdeka (di Dunia Maya)!!!!

Merdeka…!!

bendera2Pekik penuh semangat ini akan segera menggema dimana-mana karena Indonesia tercinta akan segera merayakan hari ulangtahun kemerdekaan yang ke-64. Atmosfir penuh semangat dan perayaan sudah terasa di seantero negeri, tidak terkecuali di pelosok negeri dimana saya bertugas. Umbul-umbul dan bendera merah putih serta hiasan-hiasan sudah menyemarakkan jalan raya yang saya lalui, beberapa bangunan ada yang sengaja di cat baru supaya lebih semarak. Inilah salahsatu wujud kongkrit masyarakat Indonesia dalam menyambut hari ulang tahun Negeri tercinta.

Kenyataan di sekitar kita begitu kental nuansa kemerdekaan, begitupun dengan dunia maya. Tidakmau ketinggalan, Anggota Situs jejaring yang saat ini sedang booming yaitu facebook dan twitter, juga turut menyemarakan hari  kemerdekaan. Bentuknya macam-macam, ada yang tiba-tiba mengubah poto profilnya menjadi bendera merah putih, ada yang mencantumkan sedikit warna merahputih, ada yang memang sengaja memberikan gambar bendera merahputih pada potonya, dan beberapa lagi yang lain. Saya pun tidak mau ketinggalan, saya sengaja mengganti background facebook saya dengan warna merah putih (tapi sayangnya cuma di komputer saya doang, ketika dibuka di komputer lain facebook saya tetep seperti aslinya hehe). Bahkan di situs twitter saat ini ada kampanye mendukung Indonesia melawan teroris melalui gerakan #IndonesiaUnite  kami tidak takut,  Ini merupakan wujud solidaritas bangsa melalui dunia maya yang mendukung pemerintah dan elemen bangsa ini untuk berperang melawan teroris yang mengganggu kedamaian bumi pertiwi.

Pertanyaannya sekarang, benarkah kita sudah merdeka (di dunia maya)?

Pertanyaan ini menggelitik saya untuk saya tuangkan menjadi artikel ini. Mungkin anda masih belum lupa dengan kasus yang menimpa rekan kita saudari Prita Mulyasari yang tiba-tiba digugat dengan tuduhan pencemaran nama baik dan melanggar UU ITE (Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik).  Prita digugat telah mencemarkan nama baik oleh Salahsatu Rumah Sakit berlabel INTERNASIONAL hanya karena pihak rumahsakit merasa terpojokan oleh email prita yang berisi unek-unek pengalaman buruknya atas layanan rumah sakit tersebut. Email prita yang tiba-tiba beredar luas di kalangan pengguna internet membuat gerah pihak RS dan akhirnya menjebloskan Prita selama 21 hari. Sempat bebas dan diperkarakan lagi, akhirnya Pihak Prita dan pihak RS tersebut bersepakat untuk menyelesaikan perkara ini dengan jalan damai (setidaknya begitu berita yang pernah saya dengar😀 ).

Lalu apa hubungannya dengan pertanyaan diatas? Kasus Prita saya ilustrasikan sebagai suatu bentuk ketidakmerdekaan di dunia maya bahwa curhat dan unek-unek ternyata bisa berakibat fatal untuk  kita para blogger dan internet user. Saya memang tidak begitu paham  dengan draft UU ITE, namun dengan adanya UU ITE dan Kasus Prita, saya beserta para internet user lainnya mulai waspada dan (mungkin) merasa takut tersandung kasus yang sama yang dialami oleh Prita. Padahal, menurut saya internet adalah salahsatu media yang berbeda dengan media cetak dan media audio visual dimana dengan internet segalanya menjadi lebih fleksibel dan secara langsung menghubungkan para penggunanya. Jadi dengan kata lain internet itu lebih dinamis dan independent, namun dengan adanya undang-undang ITE (yang sebenarnya bertujuan baik, hanya beberapa pihak menyalahgunakan demi kepentingan mereka) dan kasus Prita yang mencuat karena dianggap pencemaran nama baik, sudah selayaknya pertanyaan tersebut saya ulang: benarkah kita sudah merdeka (di dunia maya)?

Hadisome – 12agt09..

Nb: tulisan ini tidak bermaksud mendiskreditkan UU ITE, hanya sekedar unek-unek dan kewaspadaan akan pemasungan kebebasan berekspresi di dunia maya

salam

4 thoughts on “Merdeka (di Dunia Maya)!!!!

  1. masi kenal ga sama aku? hahaha😆
    yep UU ITE sampai saat ini emang blum berpihak sama masyarakat.
    Masa suara konsumen kok ditahan. Jelas2 di sini konsumennya dirugikan.
    hihi, omninya juga akhirnya kena batunya, jadi banyak pasien/keluarga pasien lain yang berani ngeluhin pelayanannya. Kuciaan..

    • kayaknya perlu kenalan lagi deh😀 hahahaha
      itulah dia, mungkin “oknum” yang nyeret prita ke sel dulu gak ngerti manfaat internetan jadi ya gitu….
      pokoknya: merdeka (di dunia maya) deh hehehe

  2. UU ITE mestinya berfungsi melindungi bukan mengekang, menakuti, apalagi mengebiri. melindungi kita dari penipuan dan kejahatan maya adalah manfaat UU ITE. Tapi kenyataannya kok malah jadi begini…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s