Kuliner Kota Santri 1 (Vegetable Salad)

Sudah lama saya ingin mereview tempat kuliner murah meriah yang ada di Kota Kecil Cianjur, tapi baru kesampaian hari ini dan itupun baru satu yang akan saya perkenalkan. Jajanan murah meriah, tradisional namun bergizi dan rasanya tidak kalah dari makanan modern.

Adalah gado-gado atau istilah sunda disebut lotek, makanan yang sudah dikenal juga di mancanegara namun bumbu dan komposisi bahannya berbeda -vegetable salad- , merupakan satu jenis makanan tradisional yang kini mulai kembali memiliki penggemar setelah beberapa tahun lalu agak tenggelam karena kalah penyajian oleh makanan internasional seperti M*D dan sejenisnya. Makanan ini memiliki komposisi aneka jenis sayuran yang dicampur dengan bumbu kacang yang direkuh langsung sehingga penyajiannya terasa segar. Salad bumbu kacang, itulah istilah kekinian yang saya perkenalkan kepada teman-teman meskipun saya sering mendapat komentar, kritikan dan negasi bahwa yang saya makan tetaplah lotek alias gado-gado. Tidak jadi soal apapun namanya, yang jelas salad bumbu kacang alias lotek ini selalu menjadi menu favorit saya terutama ketika akhir bulan (berhubung uang saku sudah menipis hehe :p). Makanan tradisional kembaran lotek adalah karedok, bedanya lotek merupakan campuran sayuran segar yang direbus dan dicampur dengan bumbu kacang (seperti bumbu pecel), sedangkan karedok adalah campuran sayuran segar mentah dan tidak direbus dengan rasa khas kemangi dan terong sebagai bahan penyedapnya.

Di Cianjur sendiri kini mulai banyak tempat penjual lotek yang mulai kembali berjualan setelah hampir beberapa tahun saya agak kesulitan mencari pedagang lotek. Kemarin-kemarin, salahsatu pedagang lotek yang bertahan adalah ceu piah yang berlokasi di salakopi, namun akhir-akhir ini warungnya selalu tutup. Salah satu andalan baru menu makan siang salad bumbu kacang saat ini adalah LOTEK TEH’ YANI yang berlokasi di Jl.Ir.H Juanda Salakopi Nom0r 40. Memakai tempat garasi rumah pribadinya, teh’ yani menyulapnya menjadi warung tempat berjualan.

Pertama saya datang kesana untuk mengisi perut hanya karena ingin mengenyahkan rasa penasaran saya dengan tempat makan baru tersebut, namun karena cita rasa yang ditawarkan berbeda, akhirnya saya menjadi rutin mendatangi tempat tersebut (walaupun tidak tiap hari :p ). Rasanya jauh berbeda dengan lotek-lotek yang saya pernah saya cicipi, menurut saya (subjektif banget…) ini adalah lotek dengan rasa terenak yang pernah saya makan. Lotek bawah pemda yang sempat menjadi favorit saya pun kalah rasa dengan lotek salakopi 40 ini.
Bagaimana yaa menggambarkan rasa lotek tersebut? Saya bukan ahli kuliner seperti Pak Bondan “maknyus”, namun sedikit gambaran bahwa perbedaan lotek ini dibanding dengan makanan sejenis lainnya terletak pada olahan bumbu kacangnya yang khas plus sayuran rebusnya yang direbus tidak terlalu lama. Yummy lah pokoknya mah, sedap-sedap apa gimanaaa getohhh… delicious taste. M*D mah lewattttt……. Penasaran?? Jika anda berkunjung ke Cianjur, sempatkanlah untuk menyambangi lotek ini –yang berlokasi di jalan Ir.H.Juanda, No 40 Salakopi Cianjur persis di samping klinik Dr.Andi- dan menikmati sensasi rasa yang berbeda tersebut. kata pengumuman yang dipampang di warungnya bulan Ramdhan pu tetap buka muali jam 15.00 dengan waktu makan tetap pas adzan maghrib hehehe.
Saya jamin, anda tidak akan kecewa meskipun anda datang jauh-jauh dari luar kota hanya untuk menikmati salad sayuran ini karena anda bisa sekalian kopidarat bertemu dengan saya hahahahaha
,

Tinggalkan Balasan

