CICAK VS BUAYA, ANTARA RIVALITAS, REPUTASI DAN REALITA

Maraknya pemberitaan kasus cicak vs buaya di hampir seluruh media, membuat saya tergelitik untuk menuangkan uneg-uneg yang juga turut mengganjal dalam melihat kasus ini. Saya hanyalah seorang rakyat biasa yang kebetulan belakangan ini ikut memperhatikan kasus antara dua lembaga hukum yang bergerak dalam pemberantasan kejahatan di muka bumi Indonesia.

Miris memang, ketika upaya penegakan hukum yang dilakukan KPK mendapatkan ‘sorotan’ oleh institusi lain yang merasa lebih besar. Sebagai suara arus bawah, saya merasakan ada keganjilan dalam kasus ini. Tengok saja apa yang dilontarkan oleh salah satu petinggi kepolisian Indonesia yang menyatakan “cicak kok mau melawan buaya?” padahal apa yang dilakukan sang cicak tidak semata-mata adalah untuk memenuhi tugas dan amanah yang diberikan kepadanya untuk membasmi dan memberantas koruptor yang selalu merugikan Negara.

Ada tendensi apakah dalam kasus ini? Saya tidak begitu paham, namun upaya penahanan Chandra Hamzah dan Bibit S Rianto adalah sebagai suatu upaya pengkerdilan lembaga yang belakangan tenar dengan istilah cicak tersebut oleh sang buaya. Laporan wartawan KOMPAS (Inggried Dwi W) hari rabu 16 september dalam http://www.kompas .com menyebutkan bahwa salah satu anggota DPR yakni Nursyahbani Katjasungkana merasa prihatin atas kasus ini, “Urusan apa polisi urusi penyalahgunaan kewenangan KPK? Kalau ada penyalahgunaan, kenapa tidak di PTUN saja? Pengadilan yang bisa menentukan apakah ada penyalahgunaan wewenang atau tidak,” ujar anggota Fraksi PKB ini (dikutip dari www.kompas.com).

Masih menurut Nursyahbani, Polri bisa bertindak jika ada dugaan suap dibalik keluarnya surat pencabutan pencekalan oleh KPK. “Tapi harus ada bukti awal. Selama ini yang diberitahu ke publik kan, karena melakukan pencekalan, bukan penyuapan,”

Apakah ini suatu bukti nyata bahwa memang ada rivalitas yang menyangkut reputasi kelembagaan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s