MUDIK MOTOR

Sudah menjadi tradisi di Indonesia bahwa setiap menjelang hari raya idulfitri, seluruh lapisan masyarakat yang merantau dikota besar akan kembali pulang ke kampung halamannya. Mudik, istilah ini selalu menjadi topic utama ketika idulfitri sudah menjelang di depan mata. Fenomena menarik yang selalu hadir di setiap tahunnya adalah pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor.  Mudik menggunakan roda dua agaknya menjadi sebuah alternative pilihan untuk kaum muda yang bekerja di kota besar dan ingin merayakan sakralnya hari raya idul fitri di kampung halaman masing-masing beserta keluarga dan sanak saudara.

Fenomena ini cukup menarik karena para pengendara motor ini rupanya menggunakan motor nya sebagai kendaraan multifungsi. Selain sebagai kendaraan pengangkut orang, motor juga bisa berfungsi untuk mengangkut barang bawaan. Tak ada bagasi, jok pun jadi.

Untuk anda para pengendara motor yang menempuh jarak jauh, agaknya perlu memperhatikan tips-tips berikut:

  1. Sebelum berangkat, istirahatlah yang cukup pada malam harinya. Ini untuk menghindari kantuk ketika mengendara motor.
  2. Makanlah makanan yang bernutrisi dan tahan lama, memperbanyak asupan protein agaknya lebihbaik.
  3. Jangan biarkan diri anda didera kelelahan ketika di perjalanan, istirahat dan menepi lah di tempat-tempat teduh atau jika ada mesjid, anda bisa menggunakan pelatarannya untuk beristirahat sejenak.
  4. Mudiklah bersama-sama jika tujuan anda lumayan jauh, melakukan konvoi akan menghindarkan anda dari kejahatan orang2 yang memanfaatkan situasi mudik ini.
  5. Jangan lupa, pastikan bensin anda penuh. Jika dirasa sudah menipis jangan segan untuk mampir di SPBU yang anda lewati.

Berikut ini disajikan liputan video amatir dari HP saya tentang fenomena mudik motor ini. beberapa orang tampak beristirahat di tepi jalan yang teduh, memanfaatkan oksigen yang dikeluarkan pohon berdaun rindang untuk mengembalikan kondisi mereka. Mereka beristirahat selain melepas lelah juga untuk menghindari terik matahari siang yang sangat menyengat. Istirahat sejenak untuk perjalanan yang cukup jauh bisa mengembalikan kondisi (setidaknya rasa lelah sedikit hilang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s