Joko Anwar Bugil, Bukan Sekedar Sensasi

dok akun twitter joko anwarPagi ini ketika membuka facebook, saya agak terkejut dengan salahsatu status facebook radio yang sering saya dengarkan yang menuliskan: “RABU ANDAI…..BARENGAN STUDENT RIAN IBRAM….IKUTAN TOPIK YUUUU….TERINSPIRASI DARI JOKO ANWAR…..ANDAI…FOLLOWER TWITTER LU SAMPE 3000..ATAU FRIENDS FACEBOOK KAMU NYAMPE 3000…APA YANG BAKAL KAMU LAKUIN ?? SMSIN KE OZ…0818 xxxxx” .

Karena penasaran apa yang diinspirasikan oleh Joko Anwar – Sutrada film JANJI JONI – maka saya pun mulai googling dan menemukan sebuah berita yang isinya ternyata Joko Anwar bugil di salahsatu minimarket 24 jam demi untuk memenuhi janjinya yang menyebutkan bahwa jika pengikutnya di twitter mencapai angka 3000 orang untuk hari tersebut ,maka dia akan melakukan aksi bugil. Ternyata, Joko adalah seorang gentleman. Walaupun janjinya tersebut awalnya hanya sekedar iseng-iseng. Namun Joko tetaplah memenuhi janjinya dengan segala konsekuensinya.

Saya tidak melihat ini dari unsur sensasional, tapi saya memandangnya dari kacamata sebuah janji yang harus dipenuhi terlepas apakah janji tersebut rasional atau tidak.  Dalam ajaran agama saya, janji itu laksana seperti hutang yang harus dibayar. Bayangkan jika anda sedang berhutang, pasti anda akan merasa tidak nyaman dengan hutang anda bukan? Demikianlah seharusnya kita memegang janji, usahakan sebisa mungkin kita harus menepatinya. Karena jika anda mengelak dari janji anda, bukan tidak mungkin akan digolongkan kepada kaum munafik (naudzubillah).

Tulisan ini hanyalah sekedar pengingat kepada diri saya sendiri bahwa janji itu memanglah hutang tapi bukan dalam bentuk nominal,  sudah selayaknya janji itu dibayar atau dipenuhi agar tidak menjadi boomerang kepada diri sendiri kelak dikehidupan selanjutnya.

Kembali ke Joko Anwar, agaknya Joko ingin sedikit menyentil para politisi di negeri ini yang sering mengumbar janji-janji manis ketika kampanye namun lupa dengan janjinya setelah mereka duduk manis di gedung perwakilan. “A promise is a promise, Mr. Politicians!” demikian sebuah quote dari Joko setelah melakukan aksinya pada rabu (23 september 2009 dini hari). Sekali lagi terlepas dari sensasinya, saya mengacungkan jempol untuk Joko Anwar yang telah memenuhi janjinya.

Kini Janji Joni pun berubah menjadi Janji Joko.

Hadi/23september2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s