Alat Kontrasepsi pilihan anda 1

Sudah lama tidak mencatat sesuatu yang serius neh. Tentang KB lagi

selamat membaca:

******

Terlibat dalam tim PKBRS (Pelayanan KB Rumah Sakit) yang digagas dalam bentuk kerjasama antara RSUD Cianjur dengan BKBPP Cianjur, memberikan banyak pelajaran positif dan pengetahuan baru kepada saya yang memang bergerak dibidang kepenyuluhan. Meskipun terlibat hanya pada tengah bagian, dimana tim PKBRS Cianjur sudah masuk lima besar nasional dari sekitar tigapuluhan tim yang disertakan berlomba.

Saya bukan ingin menyoroti keberhasilan masuk 5 besar tersebut, tapi sisi lain yang membuat saya makin melek bahwa ternyata masih banyak rakyat miskin yang belum mengetahui pentingnya ber-KB. Ketika ditawari pilihan apa saja alat kontrasepsi, mereka hanya memilih pil dan suntik saja. padahal ada banyak pilihan yang bisa digunakan untuk ber-KB. Mungkin pernah ada yang membahas ini, namun saya hanya ingin sedikit mereview dari sisi profesi saya saja (yang sebenarnya agak kurang saya cintai itu hehe). sudah ada tulisan sejenis, hasil karya mbak Julia klik disini

Berapa macamkah pilihan yang bisa digunakan untuk ber-KB?

  1. Metode Jangka Panjang (MJP)
  2. Metode Jangka pendek.

******

Mengenai 2 metode ini akan saya bagi dua kedalam dua catatan. Dicatatan ini akan dituliskan Alat kontrasepsi yang tergolong MJP saja. Alat kontrasepsi jenis ini terdiri dari:

  1. MOP (Metode Operasi Pria) atau lebih familier dengan sebutan vasektomi. Mariska Lubis pernah menulis hal ini atas permintaan pribadi saya supaya para pria tidak salah kaprah dengan metode vasektomi. Bisa di klik disini
  2. MOW (Metode Operasi Wanita) atau disebut juga tubektomi. Metode ini dilakukan melalui operasi pegikatan atau pemotongan  saluran indung telur, sehingga menghambat pertemuan sel sperma dan sel telur. Kontrasepsi ini diperuntukan bagi ibu-ibu yang tidak menginginkan anak lagi. Berkomunikasi bersama suami sangat dikedepankan jika anda memilih cara KB MJP ini.
  3. IUD
IUD, lebih kecil dari sebuah jari

IUD, ukurannya lebih kecil daripada kelingking

Intra Uterine Devices atau jika diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia menjadi AKDR (alat kontrasepsi dalam rahim). Untuk edisi awal, akdr ini memang berbentuk spiral atau lipesloop (seperti hurup s ganda) dan terbuat dari plastik Polyethiline. Dan edisi terbaru yang lebih banyak digunakan adalah Copper T. Sesuai dengan namanya, Copper T ini berbentuk hurup T yang dililit oleh lilitan tembaga dan perak yang lebih banyak daripada generasi sebelumnya. Fungsi lilitan logam tersebut adalah sebagai anti fertilitas, atau melemahkan sperma yang ingin menuju rahim.

beginilah bentuk spiral

spiral, salah satu AKDR

IUD ini lebih disarankan untuk dipilih karena memiliki kelebihan Praktis dan ekonomis, efektif, kesuburan dapat segera kembali jika IUD dibuka, serta tidak mengganggu pemberian ASI. Kenapa disebut praktis, karena IUD ini tidak ribet seperti halnya pil yang harus diminum setiap hari, atau seperti suntik yang dilakukan 1 bulan atau 3 bulan sekali. IUD ini bisa tahan 8-10 tahun. Silahkan hitung berapa jumlah uang yang dihemat jika menggunakan IUD?

Namun kelemahan IUD ini bisa keluar dengan sendirinya tanpa terasa jika ukuran IUD tidak cocok dengan ukuran rahim anda. Biasanya perbedaan ukuran ini terjadi karena calon akseptor berbohong tentang jumlah anak yang telah mereka lahirkan. Konon ketika pelatihan LDU dulu, saya memperoleh info bahwa ukuran rahim ibu yang sudah punya  3 anak berbeda dengan yang baru 1 anak. Mohon koreksi jika salah

Selain itu, katanya pada saat senggama dengan posisi tertentu, kadang-kadang Mr.P menyentuh benang IUD (jika sisa benang kurang pendek).

Jangan menggunakan IUD jika terdeteksi hamil, dicurigai kanker mulut rahim atau tumor jinak!

4. Implant (susuk KB)

Alat kontrasepsi ini dimasukkan dibawah kulit pada bagian lengan atas. Tidak terlihat dari luar, tapi masih dapat diraba. Tersedia dua macam, yang 1 batang atau 2 batang. Cara kerjanya yaitu hormon progesteron yang dilepaskan implant akan menghambat terjadinya ovulasi, menyebabkan selaput lendir atau endometrium tidak siap menerima pembuahan.

susuk KB

Implant (susuk KB) -dari dok. pribadi

Kelebihan implant diantaranya tidak mengurangi produksi ASI, praktis dan efektif untuk masa 3 tahun, pemasangan dan pencabutannya mudah dan cepat. Intermezonya, tidak seperti susuk biasa, kesaktian susuk kb tidak akan hilang jika anda memakan sate hehehehe

 

Jangan menggunakan implant jika anda hamil/diduga hamil, benjolan/kanker payudara, diabetes mellitus dan memiliki riwayat darah tinggi!

 

Demikian informasi yang saya olah dari berbagai sumber semoga bermanfaat. Edisi selanjutnya akan dicatat mengenai metode jangka pendek.

 

Salam kompasiana,

 

Hadi – Cianjur

One thought on “Alat Kontrasepsi pilihan anda 1

  1. Ping-balik: Alat kontrasepsi pilihan anda bagian 2 « Tentang KB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s