Jangan egois dengan masalah

Kadang, ketika kita memiliki masalah, kita merasa kita lah yang terberat! Segala sesuatu hanya bertumpu bahwa kita lah pelakonnya tidak mendengarkan apa yang ada disekitar kita. Tidak meliihat, betapa banyak petunjuk yang telah diberikan-Nya sebagai solusi buat masalah kita. Kita hanya merasa, kita lah pelakonnya. Yang lain, nonsense. Tidak berguna.

Kita seolah-olah, menjadi yang paling susah. Menderita. Tapi kita juga yakin, bahwa kita bisa mengatasi masalah tanpa batuan orang lain!!!

Introvert, ekstravert, buat saya itu Cuma teori. Yang mengkungkung pikiran kita sehingga terbatas pada dua istilah itu saja. istilah yang akhirnya memang benar-benar membatasi keluasan dan keluwesan pikiran kita!!! Apakah Tuhan benar-benar saklek menciptakan bahwa saya ini ekstravert, atau introvert? Apakah itu semua tidak bisa diubah, dengan sedikit keluwesan kita? Kalo jawabannya iya, saya tidak setuju dengan konsep itu.

Buat saya, alam pikiran itu luas. Bebas tak berbatas. Seperti halnya samudra!!!

Masalah kita, berat ataupun ringan, pasti ada solusinya. Dengan menyimpannya, dan meyakini bahwa tidak ada sesuatu yang tepat selain diri sendiri yang bisa menyelesaikan masalahnya, seolah-olah mengingkari petunjuk atas solusi maslaah kita. Maka tidak aneh, jika kita akan terus berlarut-larut dalam pusaran masalah.

Tidak adakah penghargaan atas sebuah ketulusan seorang sahabat yang ingin membantu? Salahkah jika menawarkan diri untuk berbagi? Meskipun bukan orang dan momentum yang tepat untuk berbagi, agaknya keegoisan janganlah dijadikan tameng untuk berlindung dan menganggap, kita lah yang sebenarnya bisa menemukan solusi itu! Justru, keegoisan diri terhadap masalah yang sedang dihadapi, akan menambah berat beban yang dirasakan!

Saya bukan kalangan psikologi, tidak mumpuni di bidang kejiwaan. Tapi saya peduli, dengan anda, sahabat saya!!!

Tinggalkan Balasan

