Persahabatan atau pertemanan?

Dua kata yang sepertinya memiliki arti yang sama. Tapi bagi saya, keduanya memiliki kadar chemistry yang berbeda.

Pertemanan, bagi saya adalah sesuatu yang hanya bersifat biasa,tidak istimewa, dan  full of basa basi. Ketika kita memulai berkenalan dengan seseorang, maka disitulah terjalin komunikasi yang jika berlanjut akan menjadi sebuah tali silaturahmi pertemanan. Hubungan ini, masih menurut saya, hanya sekedar selintas saja. Kadang datang, kadang juga pergi.

Dalam sebuah jalinan pertemanan, keterikatan yang dibangun tidak begitu kuat. Mereka bisa datang dan juga pergi sesuka hati. Komunikasi hanya terbatas pada sebuah basa-basi yang tidak begitu penting. Sekilas-sekilas. Lain halnya dengan jika komunikasi yang dibangun dalam sebuah jalinan silaturahmi tersebut berasal dari hati, bukan tidak mungkin, hal ini akan mengerucut pada sebuah persahabatan.

Persahabatan adalah sesuatu yang murni, berasal dari hati, tidak memandang perbedaan yang kadang menjadi jarak dalam sebuah pertemanan. Karena berasal dari hati itulah, maka ada rasa nyaman dalam sebuah jalinan persahabatan. Persahabatan adalah pertemanan yang tulus.

Di media maya ini, bukan tidak mungkin akan tumbuh sebuah pohon persahabatan. Yang berasal dari hati dan tidak memandang perbedaan sebagai sesuatu yang bisa dipermasalahkan. Sebuah pesan persahabatan, diusung oleh teman-teman pelakon negeri ngotjoleria di media kompasiana. Niat baik penggagas Negeri lucu-lucuan tersebut, adalah untuk menyatukan  anggota media tersebut kedalam sebuah ikatan yang fair. Saling memiliki, saling membantu tanpa pamrih, dan saling memberikan masukan serta kritikan konstruktif. Fenomena ini, mulai melesat, karena memang tidak ada yang dibuat-buat disana. Apa adanya, itulah yang merupakan cikal bakal sebuah persahabatan.

Persahabatan itu fair. Persahabatan itu indah. Persahabatan itu nyaman.

Pertemanan dan persahabatan hanya akan dibuktikan oleh waktu.  Seleksi alam akan menentukan mana yang akhirnya Cuma teman biasa, dan mana yang benar-benar menjadi sahabat sejati. (HS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s