nukilan artikel we are not diferent

sudah lama nggak update blog yang ini.

ini ada sedikit nukilan dari salah satu artikel yang saya buat, semoga bermanfaat:

—-dipotong—-

Untuk kita yang merasa ‘normal’ dan melihat ada ‘perbedaan’ dalam diri teman-teman kita, janganlah kita merasa congkak. Hindari untuk menilai teman kita jika kita belum mengenalinya. “Never judge a book by its cover” agaknya menjadi petuah bijak untuk kita. Jangan pernah kita menyepelekan mereka. Menyepelekan orang-orang yang terlahir ‘berbeda’. Dilarang keras kita menghina orang-orang yang diberi ‘kelebihan perbedaan’ oleh Tuhan. Orang yang berbeda tersebut, belum tentu lebih buruk daripada kita di mata Tuhan. Dengan menghina dan mencela serta menjustifikasi tersebut, kita berarti mencela ciptaan Tuhan. Padahal sudah saya sebutkan, bahwa Tuhan tidak pernah iseng dan tidak pernah dzolim terhadap mahluk-Nya. Semua mahluk-Nya diciptakan dalam keadaan yang terbaik.

Menghina ciptaan-Nya, sama dengan memperlihatkan kualitas pikiran kita dan menyeret kita untuk menghancurkan potensi diri kita. Kenapa saya katakan demikian? Karena dengan menghina ciptaan Tuhan, kita sudah berbuat tidak baik terhadap sesama dan berbuat baik terhadap Tuhan yang telah menciptakan kita. Ketika kita berbuat tidak baik, maka kita akan menuai apa yang kita tabur. Segeralah memohon ampunan, jika kita pernah melecehkan orang yang ‘berbeda’ tersebut.

Menjadi berbeda, itu bukanlah sebuah pilihan. Melainkan takdir yang harus dijalani. Pilihannya terletak pada pemikiran kita, apakah kita akan memilih bersyukur dan berbuat yang terbaik dengan perbedaan dalam diri kita, ataukah kita akan meratapi nasib dan menyalahkan Tuhan. Hidup itu memang harus memilih. Dan dengan perbedaan yang kita miliki ini, kita harus memilih apakah jalan positif yang akan kita lalui, ataukah pelarian negatif yang akan kita ambil. Karena hidup adalah tanggung jawab, maka tidak heran bahwa suatu saat pilihan kita itu akan dipertanggungjawabkan dihadapan Tuhan.

Jadi, sekali lagi saya pertegas. Hindari keluhan karena kita merasa berbeda. Itu bukan solusi untuk kemajuan hidup kita. Itu bukan jalan yang bisa membuat kita menjadi berguna. Gunakan pikiran berbaik sangka pada-Nya. Berpikirlah dari sudut pandang positif, bahwa apapun masalah yang menimpa kita, perbedaan apapun yang diberikan terhadap kita, pasti Tuhan tidak memberikannya diluar batas kemampuan kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s