Serba-Serbi Sensus: Menjelang Akhir Mei

berpose sejenak setelah letih merapihkan data

Hampir satu bulan ini saya disibukan dengan kegiatan yang menjadi pengalaman baru bagi saya. Ya, apalagi kalau bukan sensus penduduk 2010. Dimana pada pelaksanaan SP 2010 ini saya terlibat langsung menjadi koordinator tim untuk dua wilayah rukun warga di salah satu kelurahan di kota tempat tinggal saya. Tidak hanya menjadi pengawas di lapangan terhadap para petugas lapangan tim saya, namun juga turut terjun langsung mengetuk pintu dari satu rumah ke rumah lainnya.

Ada banyak peristiwa dan pengalaman yang kami lalui. Suka duka satu bulan melaksanakan pendataan akhirnya akan menjadi kenangan manis untuk diingat dikemudian hari. Alasan itulah yang menjadi penguat bagi saya untuk membaginya disini. Tercatat saya membuat 9 tulisan selama pelaksanaan SP 2010. Sungguh, saya tidak mempunyai ekspektasi ataupun tujuan tertentu dengan membagi cerita saya disini. Apalagi jika ada tuduhan bahwa saya menelanjangi subjek sensus penduduk melalui tulisan-tulisan saya. Duh, terlalu picik rasanya jika ada yang berpikir demikian, hehehe.

Dari total hampir 550 rumah tangga yang kami data, dengan jumlah jiwa sebanyak 2124, kami menemukan banyak cerita. Mulai  dari menjadi tempat curhat tentang keadaan ekonomi keluarga yang tidak mendapat Beelte hingga tuduhan teroris karena di awal ketika penelusuran wilayah, kami hanya bersendal jepit, hahaha… what a nice memories.

Banyak pengalaman dan  hikmah yang bisa saya petik dari kegiatan sepuluh tahunan ini. Pertama adalah kesabaran saya yang harus saya latih ketika bertemu dengan karakter orang yang bermacam-macam. Disini saya harus memposisikan diri sebagai seorang servant, Pelayan masyarakat.  Apapun kondisi warga, mereka adalah raja. Entah caci maki, atau kebaikan, pasti harus kami telan mentah-mentah. Kedua adalah kedisiplinan. Saya dan anggota tim harus mematuhi jadwal yang kami buat jika kami ingin menyelesaikan pekerjaan sesuai yang kami jadwalkan. Ketiga adalah kerja sama tim. Apalagi saya dijadikan team leader, saya disini belajar bagaimana caranya menjadi manajer atau pimpinan. Ternyata tidak mudah lho. Saya menjadi tahu bahwa menjadi pemimpin yang baik itu (setidaknya menurut versi saya) adalah dengan memberi contoh langsung, bukan dengan memerintah tunjuk sana sini.

Saya pun belajar bagaimana caranya berhadapan dengan orang anti pemerintah. Berhadapan dengan orang-orang yang memiliki kesibukan sehingga jarang berada di rumah. Belajar berhadapan dengan masyarakat yang sangat sangat heterogen. Dari kalangan atas hingga kalangan bawah.

-hs-

Ada cerita lucu, tapi tidak sedikit cerita haru. Beberapa cerita lucu pernah saya bagi disini. Sisanya menjadi konsumsi tim kami. Cerita haru pun sempat saya bagi disini. Itu hanyalah sepersekian dari pengalaman yang saya dapat selama satu bulan ini. Cerita-cerita itu menjadi hiburan bagi kami ditengah-tengah penat dan sibuknya mengumpulkan data. Sungguh,  Mei 2010 ini adalah bulan yang cukup sibuk, tapi sungguh.. saya sangat menikmati kesibukan itu.

Kesibukan yang menyita waktu itu saya sengaja kebut. Saya mempola jadwal supaya selesai tanggal 20. Maka konsekuensi dari itu adalah saya turut terjun langsung ke lapangan. Tidak perduli apakah hari panas menyengat, atau hujan deras bercampur petir, kami tetap melaksanakan tugas supaya apa yang sudah saya jadwalkan bisa selesai tepat waktu.  Mengapa saya menjadwal untuk selesai tanggal 20, hingga saat ini anggota tim saya tidak pernah tahu apa alasan dibalik itu semua. Yang mereka tahu, supaya pekerjaan cepat selesai. Padahal bukan itu hehe, saya ada rencana ke Jakarta tanggal 21 nya untuk Menghadiri launching STC. Namun ternyata diundur hahaha.

Oya, untuk anda yang belum disensus, coba hubungi pak RT/RW atau kelurahan untuk mendaftarkan diri anda. Karena sebagai manusia, petugas sensus sendiri memiliki keterbatasan. Entah lupa atau terlewat.

Semoga hasil dari SP 2010 ini akurat dan representative untuk menjadi basis data pembangunan Negara Indonesia tercinta.

Sampai jumpa di reportase kegiatan sensus lainnya. (HS)

Kakimanangel-seminggusebelumharikesaktianpancasila.

kegiatan sensus dalam gambar:

lembar formulir berserakan - dok.pribadi

merapihkan tulisan setelah pulang dari lapangan- dok.pribadi

pose sejenak setelah dari lapangan - dok.pribadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s