Spanyol Juara, Cianjur Pun Berupacara

Siapa yang tidak tahu bahwa hari ini Spanyol akhirnya berhasil mencetak sejarah dalam penyelenggaraan piala dunia. Untuk pertama kalinya, tim matador menjadi juara dalam perhelatan sepak bola terbesar empat tahunan tersebut.

Ratusan juta pasang mata seolah menjadi saksi bagaimana kerasnya pertandingan Spanyol kontra Belanda yang disiarkan oleh salah satu televisi swasta tanah air. Sepanjang 2×45 menit, berlangsung tanpa gol, dan baru membuahkan gol semata wayang pada perpanjangan waktu kedua. Tim spanyol pun bersuka cita dini hari tadi.

Tepatnya 12 Juli 2010 dini hari, akan menjadi hari bersejarah yang selalu diingat tim Spanyol sepanjang sejarah persepakbolaan negeri latino tersebut. Dan dalam konteks yang tidak sama, hari ini, 12 Juli 2010 pun merupakan hari bersejarah bagi kota kelahiran saya. Bukan, bukan gara-gara kemenangan Spanyol di piala dunia, melainkan bahwa hari ini adalah hari jadi Kabupaten Cianjur. Dan tahun ini, sudah memasuki usia 333.

Ya, hari ini kota kelahiran saya memperingati hari jadinya yang ke tiga ratus tiga puluh tiga. Usia 333 bukan lagi usia muda. Jika dilihat dari usianya, seharusnya penduduknya bisa lebih maju. Namun rupanya masih banyak PR yang harus dikerjakan oleh pemerintah Kabupaten Cianjur menyangkut kesejahteraan rakyatnya. Dengan luas wilayah hampir tiga kali lipat ibu kota, menjadi tantangan tersendiri untuk pemerintah supaya pemerataan pembangunan dapat terasa hingga ke pesisir selatan Cianjur.

333, sebuah angka cantik. Angka yang menunjukkan betapa tua-nya sebuah kota. Dan dalam usianya tersebut, Cianjur agaknya harus terus berbenah diri agar tidak tertinggal oleh kota-kota lain di sekitarnya. Sebuah kerja keras dan kerja sama tim mutlak diperlukan untuk meningkatkan pemerataan pembangunan, meskipun tahun depan (2011) kota kecil berwilayah besar ini akan menghadapi pemilihan kepala daerah.

Hampir seluruh elemen masyarakat memperingati hari jadi Cianjur. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan momen hari jadi ini ditandai dengan adanya upacara yang dilaksanakan di lapangan Prawatasari Cianjur. Dan yang menarik, besok akan dilaksanakan karnaval pawei pembangunan yang juga sekaligus sebagai karnaval 17-an.

Meskipun tidak ada sangkut pautnya antara Cianjur dan Spanyol, namun agaknya hari saya mengucapkan hal yang sama untuk mereka.

SELAMAT!

Selamat hari jadi Cianjur yang ke-333.

Selamat juga untuk Spanyol yang sudah berhasil mengangkat tropi World Cup 2010 dari pendukung tim Oranje hehe🙂 (HS)

Kakimanangel @harijadicianjurke333

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s