Comhu

+ Apaan sih? sejenis comro ya? Gw googling kok ga dapet, malah ngaco.

= Bagi dong, enak tuh kayaknya hujan-hujan gini. Makan comhu hangat dan secangkir teh panas.

Itu adalah komentar teman-teman saya manakala saya menuliskan kata COMHU di jejaring sosial, socblog, dan juga twitter. Ada yang masih penasaran, tapi ada juga yang sudah tahu.

Untuk anda yang bertanya-tanya, apa itu comhu? Baiklah, saya akan memberitahukan kepada anda.

Comhu adalah makanan sejenis gorengan. Berbahan dasar tahu yang diisi sambel oncom dan digoreng berbalut terigu. Biasanya comhu ini disajikan hangat-hangat. Lebih enak rasanya karena ada sensasi pedas dan gurih dari sambel oncomnya yang bercampur dengan hawa panas minyak goreng.

Hmmm.. yummy. Saya menulis ini sambil menikmati tiga biji comhu yang membuat saya berkeringat dari sensasi pedasnya. Ah, menyenangkan sekali membuat anda yang membaca membayangkan betapa nikmatnya rasa comhu. Saya yakin, anda pasti ngiler. Yang sedang hamil dan tiba-tiba ngidam untuk makan comhu, saya tidak bertanggung jawab ya hehehe.

Penasaran kan? Bikin aja, gampil kok.

Bahan-bahannya juga mudah didapat. Ada Tahu, Oncom, Cabe keriting (cabe rawit juga boleh) secukupnya, terigu, irisan daun bawang, garam, dan penyedap. Itu saja.

Lalu, bagaimana cara membuatnya? Tak jadi masalah jika anda senang memasak.

Pertama-tama, oncom disulap menjadi sambel oncom terlebih dahulu. Tidak tahu caranya? Ulek cabe keriting beserta garam dan juga oncom yang sudah dibasahi air. Ini akan menjadi isi dari tahu. Setelah sambel oncom jadi, potong tahu menjadi dua bagian segitiga. Lalu belah sedikit pada bagian tengahnya untuk menyisipkan sambel oncom tersebut.

Campur terigu dengan air hingga menjadi adonan, beri garam dan penyedap secukupnya. Ingat, jangan terlalu encer. Tambahkan daun bawang sebagai penyedap juga.

Setelah adonan siap, masukan tahu yang sudah diisi sambel oncom ke dalam adonan. Biarkan tahu terbungkus adonan terigu. Lalu goreng diatas minyak panas. Tunggu hingga warnanya menguning. Angkat. Sajikan.

comhu - HS.2010

Hmmm… comhu. Singkatan dari onCOM dan taHU. Ayo ayo, rasakan sendiri sensasi gurih dan pedasnya, sebelum diklaim negeri tetangga.

Buat saya, menyantap comhu jauh lebih enak ketimbang makan mekdi atau keiepci, hehehe…. (HS)

2 thoughts on “Comhu

  1. oooo comhu itu oncom tahu rupanya. Sepertinya masih saudaraan sama combro. wah, boleh juga tuh dicoba resepnya. Gimana elo yang buat, gw tinggal makan aja? *disambitcomhu*

    • sodaraan lah, orang sama2 isinya oncom😀
      wuakakakakakakkakaka… gampaaanngg. dirimu tinggal sediain bahan2nya yaaa wkwkwkwwkwkwkwk
      atau lebih gampang, sediain duit, ntar gw beliin wkwkwkwkwk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s