Sumpah Pemuda 2.0

 

Apa itu? saya sendiri baru mengetahuinya manakala menghadiri acara yang dihelat oleh perusahaan telekomunikasi XL pada hari kemarin (28/10/2010). Bertempat di gedung museum kebangkitan nasional Jakarta, XL menyelenggarakan acara bertajuk soempah pemoeda 2.0 persembahan XL bagi negeri.

Sumpah pemuda 2.0 adalah sebuah kegiatan untuk mendengungkan kembali semangat sumpah pemuda 1928 melalui media digital. Ini adalah bentuk tanggung jawab sosial perusahaan XL. Sebagai penyedia layanan internet, XL berusaha untuk meningkatkan kualitas hidup serta meningkatkan rasa cinta tanah air.

Acara ini dihadiri oleh 14 komunitas blogger selaku tamu undangan, termasuk diantaranya adalah kompasiana. Para tweeps (pengguna twitter) serta foursquare.  Ke empat belas komunitas blogger ini hadir dari seluruh Indonesia mulai dari medan hingga ambon.

Pada kesempatan tersebut saya juga bertemu dengan beberapa kawan blogger komunitas lain yang juga turut menjadi kompasianer. Ada Omjay (kompasianer yang mewakili Be-Blog), mas Aris Heru utomo (Ketua Be-Blog bekasi), Matahari Timoer (Bloggor-bogor), Mas Amril TG, dan tentu saja empat orang lainnya yang mewakili kompasiana yaitu Dian Kelana, Yunika Umar, Nurulloh, dan Rob Januar.

Acara yang digelar mulai jam 13.00 WIB ini diisi oleh kegiatan talkshow dan pembacaan sumpah pemuda yang dibacakan oleh 14 orang perwakilan blogger komunitas yang tersebar di seluruh Indonesia.

talkshow - HS.2010

Talkshow diisi oleh Jaya Suprana sebagai moderator, dan lima orang pembicara yaitu Anhar gonggong (sejarawan), Adri subono, Imam B Prasojo, Iman Brotoseno, serta Sudiyanto.

Pembacaan sumpah pemuda 2.0 ini menjadi menarik karena para perwakilan blog komunitas tersebut secara serempak membaca melalui layar Handset masing-masing. Selain itu, di dunia maya pun ada puluhan ribu lainnya yang secara serempak mengikuti kegiatan sumpah pemuda 2.0 melalui halaman facebook dan juga twitter.

Selain itu, dilaksanakan juga lomba historia menelusuri sejarah sumpah pemuda yang dipandu oleh Asep Kambali – pendiri komunitas historia.

Dengan adanya kegiatan ini akhirnya XL selaku pihak penyelenggara mendapatkan penghargaan dari MURI karena berhasil melakukan sumpah pemuda digital melalui media maya. (HS)

 

Dimuat juga di blog kompasiana

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s