Ngeblog Berbuah Pekerjaan

salah satu tulisan saya yang menjadi headline di kompasiana - hs.doc

Bangga, itu yang saya rasakan ketika saya bertemu dengan tim FFI. Salah satu industri pengolah susu untuk brand susu bendera tersebut mengontak saya untuk menulis di media internal asuhan mereka. Media yang dibuat sebagai bentuk corporate social responsibility (CSR) grup FFI ini ditujukan untuk salah satu koperasi susu di Lembang Bandung Barat yaitu KPSBU.

Saya bangga manakala saya diperkenalkan sebagai penulis yang tergabung dalam blog kompasiana. Sebuah blog yang merupakan cucu dari sebuah media besar kompas, maka mau tidak mau nama saya dikaitkan dengan nama media kompasiana tersebut. Dan tanpa saya sadari rupanya mereka langsung mempercayai kredibilitas saya karena tergabung dalam blog asuhan kompas itu.

Benar, saya bangga ketika tim FFI menyambut saya sebagai seorang penulis. Sebab selama ini saya merasa menulis hanyalah hobi semata. Dan lagi, saya tidak pernah menyatakan diri sebagai penulis. Saya hanyalah penghobi nulis yang saya aktualisasikan dalam bentuk blog. Blogger mungkin lebih tepat untuk saya.

Adapun tugas saya nantinya adalah menulis dalam basa sunda. Bahasa sehari-hari yang saya pakai dari masa saya kanak-kanak hingga saat ini.  sebenarnya agak ragu juga saya menerima tawaran menulis artikel dalam basa sunda ini. apa sebab? Karena basa sunda itu bukanlah bahasa yang gampang. Mungkin gampang-gampang susah adalah istilah yang tepat untuk basa sunda ini. Saya belum berpengalaman menulis artikel berbahasa sunda. Namun saya merasa ini adalah tantangan baru untuk saya sehingga saya menyanggupi tawaran pihak FFI.

Hari jumat tanggal 4 maret lalu adalah hari pertama saya bertemu dengan calon tim saya nantinya. Saya ikut serta menemui KPSBU Lembang untuk melakukan interview. KPSBU merupakan akronim dari Koperasi Produsen Susu Bandung Utara. Sebenarnya tugas saya juga melakukan interview di hari itu bersama Bapak Dedi, ketua KPSBU. Namun berhubung pak Dedi sedang ada kepentingan di Jakarta, bertemu dengan pak Menkop, maka tugas saya menjadi urung dilaksanakan. Saya pun mengikuti sesi wawancara yang dilakukan oleh Mbak Bondet (penulis utama spinner-perusahaan konsultan yang disewa FFI) bersama Bapak Ramdan. Bapak Ramdan ini adalah sekretaris KPSBU.

Dulu, saya memang pernah bercita-cita menjadi wartawan. Namun tak kesampaian karena satu dan lain hal. Dan kali ini, Tuhan memberikan hadiah terindah bagi saya di usia menjelang kepala tiga ini. saya melakukan tugas sebagai freelance writer yang pekerjaannya mirip-mirip dengan pekerjaan wartawan. Saya takjub melihat partner saya Mbak Bondet yang sungguh di mata saya dia sudah menjadi wartawan beneran. Segala atribut dan kelengkapan yang dimilikinya pun benar-benar lengkap. Sedangkan saya, kemarin, hanya datang bersendal jepit hehehe.

Selama di KPSBU, kami (saya dan Mbak Bondet) mewawancarai pak Ramdan tentang aneka macam kegiatan KPSBU. Pengalaman baru bagi saya. Banyak hal-hal baru yang saya ketahui tentang produsen susu, istilah-istilah dalam industri mereka, hingga sedikit tentang keadaan peternakan sapi. Dalam sesi wawancara tersebut, Mbak Bondet lah yang banyak bertanya tentang materi yang nantinya akan ditampilkan dalam tabloid internal yang belum diberi nama itu.

Dari Lembang, kami meluncur ke Pangalengan. Lagi-lagi, ini adalah pengalaman baru bagi saya. Saya disambut oleh tim FFI di sana. Sedikit briefing tentang apa tugas saya nantinya juga dipaparkan di sana.

Ah, beruntung sekali rasanya saya terjun ke dunia blogosphere ini. Jujur saja, saya ngeblog belum lama, tahun 2009. Dan segera bergabung dengan blog kompasiana. Dari kompasiana lah saya banyak belajar tentang menulis. Dan dengan menjadi anggota kompasiana lah nama saya mendapat embel-embel sebagai penulis. Sungguh, saya bangga bergabung di blog yang penuh dinamika itu.

Sekarang, saya harus lebih banyak belajar basa sunda agar nanti artikel yang saya buat tersebut lebih mumpuni untuk dibaca dan dipublikasikan.

Salam-HS.

Kakimanangel-6maret2011

 

 

2 thoughts on “Ngeblog Berbuah Pekerjaan

Tinggalkan Balasan

