Cerita Ga Penting Hari Ini

Baru saja buka ym, trus satu orang teman saya yang tinggal di Manchester menyapa. What? Orang yang tinggal di kaki gunung punya temen di Manchester? Hahaha, ya eyalahhh, menorotloo… ini nih gara-gara internet, makanya saya jadi punya banyak teman di mana-mana. (pamerrr hahaha).

Teman saya ini usianya sudah kepala empat. Empat tiga kalo nggak salah. Kami kenal sejak tahun 2008. Persisnya dimana saya lupa. Di forum apa, saya juga lupa. Yang jelas dengan bahasa inggris yang pas-pasan, saya menjadi kenal dengan orang asli Inggris itu.

Tiap saya online di YM lama saya, dia pasti selalu menyapa. Dan dengan kefasihan bahasa inggris saya yang sangat dibawah standar, komunikasi kami terjalin. Repotnya, saya banyak tidak mengerti kosa kata yang harus saya sampaikan ke dia, jadi alhasil saya selalu menggunakan bantuan kamus online hehehe.

no pic = hoax kan hehehe

Ceritanya, tadi sewaktu chat, saya mohon diri sejenak untuk melaksanakan shalat ashar. Dia mempersilahkan karena dia tau saya muslim sejak kami pernah chat sewaktu bulan ramadhan lalu. Saya jelaskan kalo saya beribadah lima kali sehari, dan salah satunya ya ashar itu.

Hampir satu jam saya biarkan jendela ym terbuka. Kemudian saya memanggil dia kembali. Dia kalo chat selalu invisible, jadi saya tidak tahu apakah dia masih OL atau sudah Off. Saya panggil dia dengan sebutan SIR. Hahaha, dia menolak lho dipanggil SIR. Padahal maksud saya itu memanggil orang yang lebih tua, secara yaaa, usianya udah jauh diatas saya. memang sih, panggilan sir itu merupakan panggilan kehormatan bagi orang inggris. Semacam gelar yang tinggi gitu deh.

Rupanya dia tidak nyaman. Dan entah kali ke berapa dia meminta saya menyebut namanya. “just call me Phil, mr.”

Aneh, dia minta dipanggil namanya, tapi manggil saya mister hahaha.

coba kalo yang dipanggil itu pejabat di sini, pasti akan sangat bangga dipanggil dengan sebutan YANG TERHORMAT hehehe…

Nah trus, gara-gara salah panggil itu, saya jadi diskusi (walaupun belepotan). Saya bilang kayaknya ini sudah jadi warisan feudal di negara kami. Sudah semacam tradisi ketimuran bahwa  memanggil orang yang lebih tua itu harus dengan sebutan khusus. Saya bilang mungkin ini ada kaitannya dengan masa penjajahan dulu. Indonesia kan pernah dijajah Belanda selama 350 tahun. Dia jawab mungkin juga. “tapi yang jelas, di negara kami, hal itu (menyebut orang dengan panggilan khusus/gelar) bukanlah sebuah kebiasaan. Jadi kami hanya memanggil nama saja.” begitu kata dia. In English tentunya hahaha.

Karena pengetahuan sejarah dunia saya pas pasan, saya tanya dia, negaranya pernah dijajah nggak. Dia bilang tidak, tapi kami meng-koloni banyak negara.

Saya kemudian nyeletuk, wah kalo Indonesia dikoloni inggris, mungkin bakal lebih makmur ya. Dia tertawa dong. Dan menjawab: “ah, itu kan Cuma pernyataan kemungkinan saja. buktinya India, pernah kami jajah, tetep aja begitu.” Kurang lebih seperti itu jawaban dia.

“iya juga ya. Karena over populasi kali ya di sana. Kebanyakan manusianya.” Gitu jawab saya.

Dan kondisi banyak penduduk juga dialami oleh negara dimana saya tinggal. Jadi jawaban dia ada benarnya juga. Belum tentu bakal lebih makmur juga kalo misalnya negara kita pernah dikoloni bangsa Inggris. Hihihi….

Sayang, diskusinya udahan karena dia harus pindah meja di kantornya. Hehehe… jadi ya segitu dulu cerita nggak pentingnya.

See ya.. (kata dia). (HS)

One thought on “Cerita Ga Penting Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s