Wewengkon Bebas Wahon

wewengkon bebas wahon - HS.doc

Ada yang berbeda setiap hari Ahad di kota saya sekarang. Jika biasanya saya sepedahan dengan jalur yang tidak jelas di jalan raya, sekarang saya sepedahan punya rute yang jelas.

Kebiasaan saya bersepeda setiap hari Ahad memang kurang nyaman manakala saya harus berpacu dengan kendaraan bermesin. Mobil dan juga motor. Tentu saja itu agak sedikit menyulitkan saya ketika jalur yang saya lalui padat dengan kendaraan-kendaraan tersebut. tak jarang, saya harus menepi ke jalur non aspal ketika ada pengemudi yang mengendarai mobilnya dengan kecepatan yang lumayan tinggi.

Tapi sekarang itu dapat diminimalisir sejak kepolisian resort kota saya menutup jalur jalan KH. Abdullah Bin Nuh selama tiga jam, mulai jam 6 pagi hingga jam 9 pagi.

Car Free Day. Itu istilah yang sering ramai dibicarakan orang-orang kota semacam Bandung, Jakarta, atau Bogor ketika hari ahad tiba. Nah, ‘virus’ positif itu rupanya sudah menulari kota saya juga. Tidak hanya di kota-kota besar saja yang memiliki kegiatan car free day setiap minggunya. Kota saya yang belum terbilang kota besarpun sekarang sudah memiliki track jalur car free day. Sungguh menggembirakan bagi saya, dan teman-teman senasib yang senang berolah raga pagi di hari Ahad. Nah, jika dialih bahasakan ke dalam basa sunda, Car Free Day itu basa sundanya adalah Wewengkon Bebas Wahon.

Selama tiga jam penutupan jalan KH.Abdullah Bin Nuh tersebut, banyak warga masyarakat Cianjur yang datang memanfaatkan jalanan yang lengang dan bebas kendaraan tersebut. mulai dari yang senam pagi, jalan-jalan, bersepeda, bahkan hingga yang nongkrong duduk-duduk pun ada.

Kegiatan senam dilaksanakan di dua titik. Di titik ujung sebelah utara, itu diselenggarakan oleh kantor Lingkungan Hidup. dan di ujung jalan selatan, yang diselenggarakan oleh salah satu operator selular berwarna merah. Dua kegiatan senam ini cukup diminati oleh warga masyarakat Cianjur. Saya lihat dari minggu ke minggu, yang mengikuti senam ini makin banyak saja.

Selain senam, kegiatan bersepeda pun mulai banyak peminatnya. Mulai dari bersepeda sehat, Sepeda santai, hingga sepeda gaul macam fixie pun sudah wara-wiri di jalur bebas wahon itu.

Bahkan, anak-anak pun banyak yang bermain roller skate di jalan yang baru sepuluh tahun dibangun itu.

Nah, rupanya gaya hidup sehat sudah mulai menular juga ke warga Cianjur. Terbukti dengan adanya Car Free Day ini, dari minggu ke minggu pengunjungnya makin banyak. (HS)

nih foto-foto car free day di kota saya

yang sekedar nongkrong-nongkrong, ada...

yang aksi panggung, ada

yang beneran olah raga juga ada =)))))

2 thoughts on “Wewengkon Bebas Wahon

  1. Car Freeday yang menutup akses jalan satu-satunya ke perumahan, sehingga jalur ke perumahan terisolasi. Apa saya harus tidur di Jalan?

Tinggalkan Balasan

