May Day.. Pay Day

Baru saja melintas iring-iringan para buruh berbaju merah di depan kantor saya. iringannya lumayan panjang. Selain deru mobil dan motor yang melintas, terdengar juga sorak dan suara terompet yang dibunyikan para buruh yang melintas tersebut. Dari iring-iringannya, tampak banyak buruh yang ikut untuk turun berdemo di depan gedung sate Bandung. Sebagian diangkut dengan mobil bak terbuka, truk bak terbuka, dan sisanya berkonvoi menggunakan kendaraan roda dua. Para buruh yang tergabung dalam sebuah forum ini terlihat begitu bersemangat sekali menyambut International Labour Day atau hari buruh sedunia.

Seperti yang kita ketahui, setiap satu mei selalu diperingati sebagai hari buruh, dan biasa disebut dengan may day. Peringatan hari buruh ini, setiap tahunnya, seingat saya, selalu sama. Diisi dengan demo menuntut pemerintah. Aneka tuntutan yang diperjuangkan para buruh ini, yang saya tahu, setiap tahun hampir sama. Seputar kesejahteraan dimana  salah satunya adalah penghapusan sistem outsourcing yang memang dinilai merugikan para buruh.

Dikutip dari sini, tahun ini para buruh menyiapkan Sembilan tuntutan terhadap pemerintah yaitu Tahun ini para buruh menyusun 9 tuntutan kepada pemerintah RI, yaitu penghapusan sistem outsourcing (tenaga alih daya), revisi Kebutuhan Hidup Layak (KHL) menjadi 80 poin, penolakan penangguhan kenaikan Upah Minimum Regional (UMR), penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), penghentian pemberangusan serikat pekerja, penolakan potongan gaji untuk iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), pengadaan rumah layak huni untuk buruh, pengadaan beasiswa untuk buruh, dan penetapan 1 Mei menjadi hari libur nasional. (untuk yang terakhir, saya setuju LOL).

Sebenarnya, sejarah awal kenapa may day selalu diisi dengan demo, mungkin karena kehidupan para buruh di jaman dulu memang diperlakukan tidak adil. Konon katanya, di amrik sono, para buruh diwajibkan bekerja selama 20 jam sehari. Itu sih memang sudah keterlaluan ketika seorang manusia diperlakukan untuk bekerja 20 jam sehari. Artinya dia Cuma punya waktu empat jam diluar pekerjaannya. Maka, sangat wajar sekali kalau pada akhirnya para buruh itu menuntut keadilan. Kisah lengkapnya bisa dibaca di sini.

Ilustrasi Unjuk Rasa Buruh – sumber: media.viva.co.id

Kembali lagi ke iring-iringan para buruh yang tadi melintas di depan kantor saya, sepertinya tujuan mereka adalah Jalan di depan Gedung Sate-Bandung. Biasanya demo-demo di Bandung terkonsentrasi di sana. Saya pikir para buruh ini akan melayangkan tuntutan yang sama dengan para buruh yang berkumpul di Jakarta.

Saya salut dengan perjuangan para buruh menuntut perbaikan kesejahteraan kehidupan mereka. Saya yakin, mereka menuntut hak setelah mereka melaksanakan kewajiban mereka bekerja. Namun saya tidak tahu apakah semua buruh yang tadi ikut iring-iringan menuju gedung sate tersebut mengetahui tuntutan mereka atau sekedar ikut-ikutan karena memang hari ini, 1 Mei, diperingati sebagai hari buruh. Semoga saja memang mereka mengetahui apa yang akan mereka utarakan di depan gedung sate nanti. Jadi mereka jelas dengan keinginan mereka dan bisa berembuk dengan bapak Gubernur di sana.

Saya sih berharap tidak terjadi aksi anarkis, baik di Bandung, Jakarta, maupun di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Rasanya sudah cukup berita tentang anarkisme mengisi ruang pemberitaan media. Masyarakat pun sudah jengah dengan aksi kekerasan. Semoga demo buruh hari ini berhasil ‘menelurkan’ kesepakatan dari pemerintah berdasarkan demo tuntutan para buruh tersebut.

Saya sih sebenarnya tidak berkepentingan dengan may day ini, kecuali bahwa may day ini adalah pay day buat saya… akhirnya rekening saya terisi lagi, jadi senyum saya lumayan merekah lagi hehehe. Semoga may day tahun depan, yang sudah dikatakan presiden akan menjadi libur nasional, rekening saya makin tembem setembem pipi pemiliknya :p

Ah pokoknya Selamat hari buruh aja deh untuk para buruh sedunia…  (HS)

 

Pojokkantor – BDG01052013

 

PS: oya, selain hari buruh internasional, tanggal 1 mei juga diperingati sebagai hari ulang tahun kakak saya yang tertua hehehe… selamat ulang tahun kanggo wa ceu ceu  :)

kalau ini, kakak saya yang juga ultah hari ini, biasa dipanggil wa ceuceu sama keponakan-keponakannya. selamat ultah wa ceu2... (HS)

kalau ini, kakak saya yang juga ultah hari ini, biasa dipanggil wa ceuceu sama keponakan-keponakannya. selamat ultah wa ceu2… (HS)

Tinggalkan Balasan

