Liputan6 dot com, Tidak Sekedar Web Berita Aktual

Beberapa minggu lalu, sebuah program berita di salah satu TV swasta berulang tahun. Tepatnya di tanggal 20 mei 2013, program bernama Liputan 6 tersebut merayakan hari jadinya yang ke-17. Usia yang terbilang matang bagi sebuah program acara televisi. Apalagi di tengah-tengah maraknya program berita di TV nasional yang berlomba-lomba untuk menyajikan berita teranyar. Sebagai salah satu pioneer pemberitaan yang aktual, tajam, dan terpercaya, Liputan 6 SCTV masih mendapat tempat di hati saya. Setiap pagi (jika tidak tidur lagi) saya selalu menyempatkan melihat Senandung Nacita CS menyajikan informasi aktual dan berita terbaru di setiap tayangannya.

Sebagai salah satu program berita TV yang bertahan hingga saat ini, liputan 6 berusaha untuk menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat terhadap arus informasi yang cukup deras.  Seiring perkembangan teknologi informasi, tayangan liputan 6 SCTV pun melebarkan sayapnya dengan membuat sebuah portal berita yang menyajikan informasi-informasi aktual bernama liputan6.com. Portal berita inilah yang akan saya review sebagai bagian dari lomba #Klikliputan6.

Kalau boleh jujur, saya lebih banyak menyimak perkembangan berita terbaru melalui twitter. Diantara beragam portal-portal berita yang memiliki akun twitter, portal berita liputan 6 termasuk yang pertama kali saya follow. Saya tidak ingat lagi kapan memfollow akun twitter @liputan6dotcom. Yang jelas saya lakukan ini supaya memperoleh berita yang aktual dan terpercaya mengingat liputan 6 pernah menjadi salah satu program berita yang sangat diperhitungkan, jadi saya pikir memang hal yang benar jika saya memantau perkembangan berita yang terjadi melalui twitter liputan6.com. Dari akun twitter @liputan6dotcom tersebut saya klik link yang di-share untuk membaca beritanya. Di sinilah saya mengenal website liputan6.com.

website liputan6.com (screen capture dari liputan6.com)

website liputan6.com (screen capture dari liputan6.com)

Secara tampilan, portal liputan 6 ini menyajikan tampilan yang enak dipandang. Setting dan layout yang ditata sedemikian rupa tidak membuat mata saya sakit ketika mengunjungi portal berita ini. Latar warna putih saya kira sudah cukup tepat dipilih sebagai warna dasar baik untuk halaman muka ataupun halaman berita yang saya baca.

Untuk berita-berita yang disajikan, seperti yang sudah saya kenal sejak jaman saya masih SMA di tahun 1996, tayangan TV liputan 6 selalu menyajikan berita yang aktual dan kritis. Begitupun dengan liputan6.com, berita yang disajikan pun selalu up to date. Untuk berita yang sedang hangat dibicarakan, liputan6.com menampilkan sebuah kolom headlines yang berukuran lebih besar dibandingkan berita-berita lainnya. Informasi dan berita terbaru tersaji dengan cepat dan dapat dilihat dari tab indeks berita terkini yang bisa saya klik di bawah kolom berita utama (headline) tersebut.

Tidak hanya itu, pemilihan karakter logo liputan 6 di kiri atas, cukup tepat karena tidak mengganggu pandangan saya ketika membaca berita yang disajikan. Kenapa saya tulis demikian? Karena liputan6.com dan tayangan liputan 6, saya perhatikan, selalu menggunakan warna orange sebagai company colour-nya. Jadi jika warna orange ini ditempatkan agak banyak, kemungkinan akan membuat mata saya cepat lelah ketika berkunjung ke portal ini. akibatnya saya tak akan berlama-lama di portal ini. Tapi kenyataannya lain, saya betah kok mengunjungi portal liputan6.com ini hehehe.

Oke, itu menurut saya dari tampilan. Dari sisi pemberitaan, saya kira isi berita liputan6.com cukup bermutu. Tidak membombardir pembaca dengan judul yang wah namun isinya payah. Saya sering terkecoh dengan berita macam gini di portal berita sebelah. Bagi saya berita liputan6.com itu smooth tapi berbobot. Lihat saja berita terkini liputan6.com yang diupload hari kamis 13 juni pukul 13.44 WIB tentang si mucikari ABG asal Surabaya. Tidak hanya aktual, kemasan bahasa yang disajikan masih terbilang enak dibaca karena tidak diulang-ulang.

Selain berita-berita baru, liputan6.com juga menyajikan beragam berita yang inspiratif seperti berita mengenai Ibu Een Sukaesih yang mendapatkan penghargaan liputan 6 awards special. Jujur saja, saya terharu ketika melihat berita ini. Ibu Een memang pantas mendapatkan penghargaan tersebut karena memang beliau memberikan inspirasi luar biasa bagi kita. Di tengah keterbatasannya, Ibu Een masih mampu berbagi dengan murid-muridnya yang selalu belajar kepadanya. Berita tentang Ibu Een bisa dilihat di sini.

Sebenarnya berita hari ini yang ingin saya ketahui dari portal web liputan6.com adalah tentang riuhnya perhelatan kejuaraan bulutangkis Indonesia Open 2013. Namun sayang sekali, portal ini tidak memiliki rubrik khusus olah raga. Yang ada hanyalah rubrikasi khusus berita bola. Padahal kan olah raga tidak hanya bola. Ada banyak olah raga yang memiliki sisi berita bagus  selain bola. Untungnya di kolom rubrik berita terkini ada liputan mengenai Indonesia Open. Dari berita yang ada di kolom tersebut, ketika saya klik, saya bisa berselancar ke berita-berita lainnya tentang Indonesia Open Super Series 2013 tersebut. Ini juga jadi masukan bagi tim liputan6.com agar menyajikan rubrik sport untuk mengumpulkan berita-berita olah raga non bola dalam satu ruangan sehingga saya –dan juga mungkin pembaca lainnya- memperoleh kemudahan ketika menghendaki membaca berita olah raga. Untuk rubrik-rubrik yang lain, saya kira sudah cukup lengkaplah. Oya, rubrik live streaming saya kira menjadi nilai plus dibandingkan portal berita sejenis.

Ada lagi nggak ya? Saya kira cukup saja reviewnya. Intinya liputan6.com ini sudah menjadi bagian dari keseharian saya dalam memperoleh informasi yang saya butuhkan.

Butuh berita? klik saja http://www.liputan6.com🙂 (HS)

Bdg13062013

Tulisan ini diikut sertakan dalam lomba blog #Klikliputan6.

2 thoughts on “Liputan6 dot com, Tidak Sekedar Web Berita Aktual

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s