Tulisan Saya Di-copas Orang

Mengenai copy paste atau plagiat, sudah banyak sekali yang membahasnya. Saya sebelumnya hanya menjadi pembaca atau pemberi komentar saja mengenai kasus-kasus plagiasi yang banyak dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Selaku blogger yang tentu saja dekat dengan dunia tulis menulis, plagiasi ini agaknya memang harus diwaspadai oleh saya. selama ini saya tidak terlalu pusing apabila ada orang yang meminta artikel saya di blog tentang kb untuk mereka copy sebagai bahan referensi mereka entah untuk tugas atau kebutuhan lainnya. Saya hanya menekankan kepada mereka yang meminta izin untuk meng-copy artikel saya agar nama saya dan blog tentang kb dicantumkan sebagai sumber referensi mereka. Dan mereka tidak keberatan dengan syarat sederhana tersebut.

Namun kali ini lain. Hoby saya menuliskan review buku orang menjadi korban plagiasi oleh salah seorang blogger yang tidak bertanggung jawab. Ini terkait dengan lomba review novel Macaroon Love yang diselenggarakan blog dimana saya menjadi adminnya yaitu kampungfiksi.com.

Lomba review novel Macaroon Love karangan Winda Krisnadefa ini memang memberikan hadiah yang menggiurkan bagi pesertanya. Smartphone terbaru keluaran salah satu provider untuk juara satu dan dua, serta satu buah modem provider tersebut untuk juara ketiga menjadi pemicu para sobat KF untuk ikut berpartisipasi dalam lomba review ini. Namun sungguh disayangkan, lomba yang seharusnya merangsang kreatifitas para blogger ini dinodai oleh salah satu karya plagiat. Diantara banyak karya orisinil review novel tersebut, terselip satu karya yang saya lihat dari judulnya saja sudah menjiplak judul yang saya buat. (Review) Manisnya Macaroon Love (apa ngga ada judul lain mas buat dibikin judul artikel? Hahahaha). Selain itu, beberapa kalimat di review si peserta lomba tersebut ternyata menjiplak karya saya dan juga si Mahmud nan alay, Pungky Prayitno.

Saya coba perhatikan satu persatu susunan kalimatnya, ternyata mirip sekali dengan tulisan yang pernah saya muat di sini dan di blog KF. Saya coba copy paste tulisan saya dan tulisan dia di sini.

coba dibaca deh tulisan dia

coba dibaca deh tulisan dia

bandingkan sama tulisan saya yang ini

bandingkan sama tulisan saya yang ini

plagiat

plagiat

bandingkan sama tulisan saya yang ini

bandingkan sama tulisan saya yang ini

kalo yang ini ngambil dari si mahmud nan alay, mbak pungky prayitno...

kalo yang ini ngambil dari si mahmud nan alay, mbak pungky prayitno…

ini tulisan asli mbak pungky prayitno...

ini tulisan asli mbak pungky prayitno…

Okelah, dia punya ikhtiar buat dapetin hadiah hengpong andro*** dengan cara gratisan. Tapi gak gitu juga kali caranya. Itu sih bukan kreatif Apa bedanya dengan mencuri kalo begitu hahahaha… untung para juri nggak tutup mata. Mereka pasti bakal langsung mendiskualifikasi si pengkopas.  poor you, boy!

Tentang plagiarism atau copy paste, saya pernah mendapatkan ilmu dari salah satu dosen saya pada salah satu kuliah umum yang saya ikuti. Berikut saya kutipkan dari hand out yang dibuat oleh Ibu Arundina Pratiwi, Ph.D. mengenai plagiasi.

 

“The word plagiarism actually come from the latin Plagiare – to Kidnapp (oxford English dictionary).”

“When you plagiarize, you are taking (or kidnapping) someone else’s work.”

Kalo diartikan kurang lebih:

“Kata plagiarism berawal dari bahasa latin, Plagiare yang berarti menculik (dari kamus bahasa inggris oxford)”

“Ketika anda melakukan plagiat, artinya anda mengambil (menculik/mencuri) hasil karya orang lain.”

Nah, jika mengacu pada pengertian plagiasi di atas, apa yang sudah dilakukan si fansnya jokowi ini sudah termasuk menculik hasil karya saya.

Ya udah, segitu aja dulu sih. Next time saya coba tulisin perbedaan plagiat, kutipan, dan paraprasi. Sekian. (HS)

Bdg-05072013

26 thoughts on “Tulisan Saya Di-copas Orang

  1. Iya, pas baca judulnya gw msh mikir; kok kayaknya nih judul udah pernah ada yg pake. Tp pas baca tulisan bagian bawah , wah gak salah lg deh😦

  2. Ping-balik: Hak Cipta Itu Penting | Jejak Langkah...

  3. Sudah ndak bisa diakses blog-nya, mas ~. Wah, saya pernah tuh tulisan dijiplak plek sama orang. Tapi, saya dulu juga plagiat -__-“, sekarang udah tobat. Salam

  4. hhm…saya udah perhatikan. tp pasti bang hadi ngak setuju ama opini saya. Kalo menurut saya yg namanya plagiat itu. PLEK! PLEK! PLEK copas sama persis dari A-Z. Tp, kalo contoh yg diatas dia ngak 100%plagiat. hanya si penulis tetep salah krna tdk pake tameng ‘link adopsi’ istilah saya. sebagai referensi coba baca buah tangan seorang penulis terkenal sekelas benny arnas atau baca karya fenomenal yg judulnya dodolidodolibret. Salam

    • ternyata tidak hanya di dunia maya, di dunia nyata pun saya mengalami hal serupa. artikel makalah saya dicopas oleh teman satu kelas… menyedihkan sekali dunia pendidikan kita. T_T

Tinggalkan Balasan

