Menyambut Ramadhan dengan Brodkes Pesan

broadcast message, booming-but-annoying.... (HS.2013)

broadcast message, booming-but-annoying…. (HS.2013)

Begitulah…, setiap menjelang ramadhan dan juga menjelang lebaran. Brodkes pesan akan berseliweran dari satu pengguna handphone ke pengguna handphone lainnya. Brodkes pesan ini merupakan teknologi dimana seorang pengirim pesan bisa mengirim sebuah pesan yang sama ke beberapa pengguna sekaligus. Sejak teknologi SMS tercipta dan tarifnya menjadi murah, SMS permohonan maaf dengan kalimat yang berbunga-bunga bisa dipastikan akan membludak pada saat jelang ramadhan dan jelang lebaran.

Sekarang teknologi komunikasi makin berkembang. HP-HP aneka merk makin terjangkau. Begitu pula dengan blekberi.  Semenjak blekberi makin murah, Teknologi berkirim pesan macam blackberry messenger  (bbm)  menjadi salah satu media untuk menyampaikan pesan yang sama ke beberapa kolega. Dengan kemudahan seperti itu, para pengirim pesan broadcast messenger tidak perlu repot-repot untuk menghaturkan permohonan maaf satu persatu. Selain lebih mudah, kirim brodkes pesan juga tidak bikin jari pegel, karena cukup ngetik sekali, dengan kalimat yang berbunga-bunga puitis nan aduhai, terkirimlah pesan  “maafkan aku… ” ke beberapa puluh kawan yang sama-sama memiliki fasilitas bbm.

Pra ramadhan tahun ini, selama dua hari kemarin, henpon saya dibanjiri dengan brodkes pesan. Sebagai pengguna bb, saya juga kebagian dapet pesan bbm yang berpuitis-puitis dan berbunga-bunga. Oke lah, saya memaklumi dengan banjirnya brodkes message tersebut. Karena seperti halnya musim hujan dan musim kemarau, saat-saat menjelang ramadhan dan lebaran adalah musimnya untuk hujan brodkes pesan. Pun dengan fasilitas sms, agaknya masih menjadi media komunikasi paling cespleng untuk menyampaikan pesan-yang-sama-ke-beberapa-penerima. Selain di fasilitas BBM, HP saya juga menerima sms brodkes.

Oya, buat yang belum tau bagaimana membedakan broadcast message di bbm dengan message biasa, itu dilihat dari warna pesannya. Bila warnanya hitam, itu artinya teman kita hanya mengirim pesan ke kita saja. Personal gitu deh. Tapi jika warnanya ungu, itu artinya ada lebih dari satu penerima yang menerima pesan yang sama. Dan itulah yang dinamakan broadcast message alias siaran pesan tersebut.

Saya sengaja tidak menghapus bbm broadcast dari teman-teman saya. terbersit ide untuk mengumpulkannya di sini, siapa tau suatu saat teknologi bbm menjadi sejarah, ada literature yang menuliskan bahwa pernah ada jaman dimana broadcast message cukup booming-namun-annoying hehehe.

Ini bbm dan sms brodkes yang pernah saya terima selama dua hari kemarin:

1. Sendirian atau barengan, diminta atau ga… kita harus ttp saling memaafkan. J mulai shaum selasa atau rabu silahkan saja, semoga Allah menerima ibadah kita. Tidak saling mengejek atau menyalahkan (y)

MARI KITA JAGA PERSATUAN UMAT. Mhn maaf atas sgl kesalahan dan kehilafan.  Marhadan ya ramadhan, taqobalallahu mina wa minkum.

(blablabla dan Keluarga).

2. Yaayuhaladzina amanu kutiba alaikumussiyam… Marhaban ya ramadhan, mohon maaf atas segala kekhilafan selama ini.

3. Marhaban ya Ramadhan. Saya dengan segala kerendahan hati mengucapkan….

Mohon Maaf Lahir dan Batin, semoga terhapuskan dari segala salah dan khilaf… amin.

Regard’s

Blablabla

4. …maaf lahir bathin….Marhaban ya Ramadhan…

5. Marhaban Yaa Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa. (saya bales dengan pesan yang sama juga LOL)

6. Assalamu’mualaikum…Saudaraku απϑ‎​  Keluarga , Jika maaf itu bisa terucap hari ini, untuk apa menunggu hari esok atau lusa, sedangkan hembusan nafas pun tak pernah kita tau kapan akan terhenti.

Menjelang Ramadhan, Malaikat Jibril pernah berdo’a “Ya   اللّهِ  , abaikan puasa umat Muhammad bila sebelum masuk Ramadhan tidak memohon MAAF kpd orang tua, keluarga & org di sekelilingnya, lalu Rasul SAW. mengamininya sampai 3x..

Untuk itu” kami sekeluarga mohon maaf jka trselip khilaf dlm canda, trbelit pilu dlm tingkh, & trsinggung rsa dlm bicara.

Mari awali Ramadhan tahun ini dgn Qalbu yg bersih..Amin, ya Rabbal ‘alamin.

7. Izίηkαη keδυα тelαpαk

┆ тαηƍαηkυ berтeηƍkυp

┆ мeмσнση м α’αƒ, υηтυk ;

┆ Lίsαη yαηƍ тerlαηjυr…

┆ Jαnjί yαηƍ тerαbαίkαη…

┆ Hαtί yαηƍ berprαsαηƍkα

┆ δαη Seмυα sίkαp yαηƍ

┆ тαηpα seηƍαjα мeηyαkίtkαη

└┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈ ┈⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴✽̶

┏┉┄┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┉┓

┆ Mαrhαbαη yαα rαmαdhαη

┆ мσнση мααƒ αтαѕ ѕєƍαlα

┆ кєкнιlαƒαη ѕєlαмα ιηι

└┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈ ┈⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴✽̶.

8. Sebentar lagi NAFAS menjadi TASBIH,,

TIDUR menjadi IBADAH,,

DO’A menjadi TERIJABAH,, dan

PAHALA dilipat gandakan,, tapi ..

itu semua tidak akan berarti apa-apa

tanpa MA’AF yg tulus dari hati saudara,rekan dan kawan smua. izinkan ke dua telapak tangan ini dan keluarga,, bersimpuh memohon MA’AF,, untuk Lisan yg terlanjur BOHONG,, janji yg terabaikan .

hati yg berprasangka buruk dan semua sikap yg menyakitkan .

MARHABAN YAA RAMADHAN

9.   Waktu boleh berlalu zaman bisa berganti tapi persaudaraan dan persahabatan &silaturahmi tidak boleh pudar. Indahnya dunia hanya sementara ‘indahnya cinta hanya seketika” indahnya mimpi tak pernah pasti, tapi indahnya persaudaraan akan selalu abadi semoga Allah swt senantiasa memberikan ridhonya pada kita dan memberikan panjang umur sehat, murah rizki. Dan selalu dalam lindungan Allah swt, ammi….n..! Yarobbal  allamin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhon.

dan masih banyak lagi yang lainnya. ini saya langsung copy dari brodkes-brodkesnya….

Saya sih mengapresiasi saja brodkes pesan tersebut. Setidaknya mereka yang menyebar brodkes maaf mempunyai keinginan untuk meminta maaf atas kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat terhadap temannya. TAPIIII, alangkah lebih indah kalo pesan yang dikirimkan itu personal.

Saya kasih tau triknya ya, misalnya gini nih:

“Hei, Hadi… maafin aku ya, mau puasa nih. Semoga ibadah kita di bulan ramadhan ini lancar. Amin.”

Udah gitu aja. Terus kirim pesan tersebut ke si Hadi. Dia pasti bakalan merasa bahwa dia dikirim secara personal permintaan maafnya. Nah, selanjutnya, jika ingin berkirim pesan ke beberapa teman, kita tinggal copy pesan tersebut dan paste-kan untuk  dikirim ke teman lain. Tapi ingat, sebelum dikirim, nama temannya kita ganti dulu, jadi kan terasa lebih personal ketimbang kirim broadcast yang berbunga-bunga dan puitis aduhai. Percaya deh, teman kita bakal membalas pesan semacam itu daripada brodkes pesan. Saya sendiri nggak pernah membalas brodkes pesan dari teman-teman. Soalnya ketika saya membalas pesan tersebut, nama kita akan tiba-tiba muncul di bbm si teman dengan bbm yang tiba-tiba berisi seperti ini “iya, sama-sama.” Nah, kemungkinan besar si teman yang berkirim brodkes (in case dia ga sadar udah nyebar brodkes) bakal balik nanya: “sama-sama apanya nih?” Hahahaha… Soalnya sepengetahuan saya, ketika brodkes terkirim, itu nggak otomatis memunculkan nama kita (si penerima) di recent message mereka.

Dari beberapa teman yang berkirim brodkes, hanya satu orang saja yang mengirim pesan lebih personal seperti itu. Namanya ibu Maya, teman kantor saya. si Ibu Maya ini berkirim pesan begini: “Mohon maaf lahir bathin ya a samsul, slamat berpuasa.” (fyi, kenapa dipanggil a, krn saya msh muda semacam aa aa anak kecil gitu hihihihi….) dan karena dikirim secara personal, saya pun lebih enak untuk membalasnya. “sami-sami ya Ibu. Mohon maaf lahir bathin juga. Selamat menjalankan ibadah ramadhan.” J

Udah ah, jadi kepanjangan. Mungkin memang sekarang jamannya sudah sangat canggih luar biasa. Bahkan untuk meminta maaf pun, kita bisa melakukannya secara kolektif ya hehehe…. Oya, nanti jelang lebaran, saya yakin bakal ada brodkes pesan yang kalimatnya mirip-mirip dengan kalimat pesan yang saya tulis di atas hehehe… :p

Bytheway, Sekali lagi saya ucapkan selamat menjalankan ibadah-ibadah di bulan suci Ramadhan ini. semoga selalu lebih baik, lebih baik, dan lebih baik dari taun-taun sebelumnya. (HS)

Ngabeubeurang10072013.

6 thoughts on “Menyambut Ramadhan dengan Brodkes Pesan

  1. saking banyak brodkes yang copas-an, lama2 bete juga karena inti nya malah gak “dapet”

    jadi kalo kamu dapet sms dari budina yang sok-sok-anti-mainstream-itu, jangan kaget kalo pasti ucapannya standar ala2 anak jadul di kartu ucapan gitu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s