Dulu Jambul, Sekarang Sasak Sanggul

Saya bukan pemerhati mode. Tapi karena saya punya dua mata yang saya pake jelalatan melihat ke sana kemari, mau tidak mau, saya jadi ikut melihat perubahan mode dari jaman ke jaman. Yang namanya mode, bukan hanya pakaian saja ya, tapi juga model rambut. Nah ini yang ingin saya curcolkan. Model rambut.

Bukan bukan.. bukan model rambut cewek yang super banyak dan aneh-aneh itu. Bukan. Tapi model rambut kaum saya, para pria. Saya gatel pengen curcol tentang perubahan model rambut pria dari jadul hingga sekarang. Sepanjang yang saya ingat saja sih, dan yang saya alami juga.

Dulu, jaman saya masih piyik, saya hanya bisa pasrah ketika nenek saya membawa ke tukang potong rambut di belakang rumah. Model rambut saya waktu itu dicepak belakang sampai habis, dan hanya disisain sedikit di depan. Kakak saya yang jail, menyebutnya di CAPER. Lebih gampangnya, lihat deh model rambut komedian  bernama Margono. Ya, kurang lebih begitu rambut saya waktu masih piyik sebelum masuk TK. Bagian belakang dicepak sampe se-senti, bagian depan disisain agak banyak. Jadilah modelnya aneh. Apa? Masih belum ngeh juga gimana model rambut komedian bernama Margono? Itu loh, GOGON SRIMULAT. Begitu model rambut saya jaman piyik. -_-

Masuk masa TK hingga SD, rambut saya berubah. Normal. Maksudnya tidak ada yang tipis atau tebal di satu bagian. Ah, tidak istimewa pokoknya. Dan sebagai anak kampung, saya tidak berani mengikuti trend rambut masa itu. Padahal tahun 80-an akhir atau 90-an booming banget model rambut LUPUS.  Jambul di depan, dan dikasih sedikit sisa kuncir di belakangnya. Ah, saya ga pede pokoknya. Lagian, saya tau diri, rambut saya dulu tipis, ga cocok buat dijambul hahaha.

Berbicara tentang model jambul ini, era 80-an sangat identik dengan model rambut begini. Disisir ke belakang macem disanggul, kemudian ditarik lagi ke depan pake tangan. Jadi bagian depannya itu antara jambul dan poni. Ah, susah ngejelasinnya. Pokoknya gitu lah.

nih, model rambut Lupus (Foto dapet ngegugling)

Masa SMP-SMA, saya mulai ikut arus. Model rambut belah tengah yang diinspirasi Andi Lau jadi trend waktu itu. Siapa sih yang gak mau keren macem Andi Lau? Hahaha, saya juga mau. Rambut sayapun akhirnya dibelah tengah, padahal suwer se suwer suwernya, bentuk rambut dan muka saya bertolak belakang dengan model rambut belah tengah itu. Tempo hari, ketika saya mudik, saya nemuin foto jaman saya masih SMA kelas 1. Omaygat… model rambutnya. Aaak… pengen tutup muka rasanya hahaha. Saya masih inget nama model rambutnya, namanya gaya mandarin.

“mau digimanain nih modelnya?” kata si mamang tukang potong rambut.

“di mandarin”. #Jleb

Masuk era millennium, David Beckham akhirnya menyelamatkan model rambut pria. Beckham tampil ganteng dengan rambutnya yang dicepak kemudian diuwel uwel ke atas. Trend ini sempat bertahan lama. Kesan maskulin yang terpancar dari model rambut seperti ini akhirnya menjadi inspirasi para pria dan juga bapak-bapak barber shop untuk memakai gaya Beckham pada potongan rambutnya.  Sayapun ikut-ikutan  memberanikan diri memotong pendek seperti itu pada tahun 2008. Uhuk. Rasanya jadi ganteng kayak Beckham hahaha.

David Beckham agaknya memang menginspirasi banyak pria di dunia untuk memotong pendek rambutnya dengan gaya yang sama persis. Beckham potong rambut gaya A, seisi dunia turut motong rambut gaya A. Beckham motong rambut gaya B, seluruh pria ikut potong rambut gaya B. pokoknya, Beckham adalah trend setter potongan rambut pria.

model rambut di taun 2000an pertengahan sampe 2010 (Foto dapet ngegugling juga)

Tapiii… belakangan ini Beckham malah menginspirasi para pria untuk menyasak dan menyanggul rambutnya. Oke, potongan rambut sasak sanggul si David Beckham, masih oke dan serasi dengan mukanya. Yang bikin saya geleng-geleng kenapa para pria di dunia… ikut-ikutan pake sasak sanggul.

Aakk… model rambut yang aneh.

Hingga saat ini, saya gak pernah tertarik dengan model sasak sanggul ini. Soalnya, saya masih meyakini, model sanggul ini hanya pantas dipake oleh ibu-ibu pejabat saja. Hahahahaha….

cowok disanggul (foto dari gugle)

kata saya sih namanya sasak sanggul hahaha (foto dari gugel yaa)

Just Intermezo, sebelum ngerjain seabreg tugas. (HS)

Bdg02112014

Tinggalkan Balasan

