#PersibJuara lagi

1995

Saya masih smp waktu itu. Liga indonesia baru bergulir untuk pertama kali. Final mempertemukan persib bandung dan petrokimia gresik. Saya, ikut nonton di rumah bersama abah, dan keluarga lainnya.

Pertandingan berlangsung ketat. Tidak ada gol tercipta. Hingga akhirnya, di babak kedua, sutiono  berhasil merobek gawang petrokimia putra. 1-0 bertahan hingga akhir babak. #PersibJuara liga indonesia untuk pertama kali.

2014

Hari ini kuliah digeser ke jam 4. Sepulang kuliah, saya sengaja beli martabak telor dulu karena perut lapar. Melewati jalan tilil, tampak warga yang sedang nobar di lapang puter. Padahal cuaca sedang hujan rintik rintik.

Saya buru buru pulang ke kost. Rupanya final liga super sudah mulai. Final antara persib bandung melawan persipura jayapura. Saya nyalakan tv, nonton sendirian aja.
persipura sudah unggul. Padahal waktu baru delapan menit.

Tetap optimis, toh baru delapan menit. Masih banyak waktu. Dan memang tim kebanggaan kota kembang ini berhasil menyamakan angka. Satu sama.

Persib unggul 2-1 di babak kedua. Tapi saya malah gregetan. Persib melemah. Seakan akan udah juara. Padahal waktu masih lima belas menit. Betul saja, persipura ngejar. Jadilah dua sama. Sampe menit sembilan puluh lebih sekian, angka masih sama. Huh…

image

Perpanjangan waktu dua kali lima belas menit. Dua tim berjuang mati matian. Menunjukkan kualitas juara. Tidak ada kata menyerah. Masih penuh optimisme walaupun sudah terlihat letih. Skor masih tetap sama. Dua dua.

Adu pinalti jadi keputusan akhir yang harus dilalui oleh dua tim. Satu kosong untuk persib, satu sama, dua satu persib, dua sama, tiga dua persib, tiga sama, empat tiga buat persib, persipura mental, skor empat tiga buat persib, saya bersorak. Lima tiga persib. Saya bersorak lagi. Gembira. Terharu. Penantian panjang sembilan belas tahun, terbayar lunas. #PersibJuara.

Ada hal yang menjadi pelajaran buat saya dari final liga super tadi. Jadi, setidaknya, kalaupun harus kalah, dua tim ini telah bermain baik. Memberikan yang terbaik untuk timnya masing masing. Tidak ada kata menyerah hingga akhir. Intinya kita harus Memberikan yang terbaik demi hasil yang baik. Jangan pesimis kalau mau jadi juara. Proses adalah yang utama. Kalah menang adalah masalah hasil.

Selamat buat para bobotoh di manapun, buat viking, dan seluruh pendukung persib dan warga bandung. #PersibJuara lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s