Parade pamer ala media sosial

Hihi judulnya sinis. Biarin ah. Da emang iya, medsos itu kadang jadi ajang pameran terselubung. Termasuk saya juga, kadang pamer pamer pergi kemana gitu, atau pamer pamer foto makanan apa gitu.

image

Pamer pamer foto di changi

Pamer pamer dikit masih mending lah, masih masuk akal, da emang namanya kebutuhan dasar manusia itu salah satunya ya pamer. Bener loh, ini bukan kata saya, tapi kata pakde maslow.

Menurut pakde maslow, kebutuhan manusia itu ada lima tingkatan. kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan akan rasa memiliki dan kasih sayang, kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan akan aktualisasi diri. Nah ajang pamer pamer itu adanya di tingkatan ke empat. Butuh penghargaan hihihi.

Tapi ada positifnya sih yang suka pamer pamer ini. Positifnya adalah kita sudah memenuhi tiga kebutuhan dasar sebelumnya. Kebutuhan fisiologis kayak makan minum udah terpenuhi. Kebutuhan rasa aman bisa jadi udah terpenuhi juga. Kebutuhan rasa memiliki dan kasih sayanh juga udah terpenuhi. Kalo tiga kebutuhan itu belum terpenuhi, boro boro mau pamer di profil picture bbm atau foto foto dan status facebook. Jadi, makin banyak yang pamer di antara kita kita, artinya makin banyak yang hidupnya sudah makmur. Iya kan? Hihihi…

Nah, yang berbahaya adalah kalo pamer tentang ibadah. Emang sih, bisa jadi pamer ibadah itu konteks nya positif, ngajak orang buat ibadah juga. Tapi bisa jadi berbahaya karena yang namanya ibadah itu ga boleh pamer pamer ntar jatuhnya jadi riya. Kan sayang, ga dapat pahala… Tapi urusan pahala mah urusan Tuhan ya? Hehehe.

Nah, jadi kata saya mah pamer pamer itu sah sah saja. Yang bikin geleng kepala itu adalah kalo pamer pengen dipujinya itu dilakukan tiap hari… Itu mah bikin ecapedeh yang liat.

Sekian.(HS, 26112014)

terinspirasi status fb dan foto2 fb orang orang wkwkwk

Iklan

Dulu Jambul, Sekarang Sasak Sanggul

Saya bukan pemerhati mode. Tapi karena saya punya dua mata yang saya pake jelalatan melihat ke sana kemari, mau tidak mau, saya jadi ikut melihat perubahan mode dari jaman ke jaman. Yang namanya mode, bukan hanya pakaian saja ya, tapi juga model rambut. Nah ini yang ingin saya curcolkan. Model rambut.

Bukan bukan.. bukan model rambut cewek yang super banyak dan aneh-aneh itu. Bukan. Tapi model rambut kaum saya, para pria. Saya gatel pengen curcol tentang perubahan model rambut pria dari jadul hingga sekarang. Sepanjang yang saya ingat saja sih, dan yang saya alami juga.

Dulu, jaman saya masih piyik, saya hanya bisa pasrah ketika nenek saya membawa ke tukang potong rambut di belakang rumah. Model rambut saya waktu itu dicepak belakang sampai habis, dan hanya disisain sedikit di depan. Kakak saya yang jail, menyebutnya di CAPER. Lebih gampangnya, lihat deh model rambut komedian  bernama Margono. Ya, kurang lebih begitu rambut saya waktu masih piyik sebelum masuk TK. Bagian belakang dicepak sampe se-senti, bagian depan disisain agak banyak. Jadilah modelnya aneh. Apa? Masih belum ngeh juga gimana model rambut komedian bernama Margono? Itu loh, GOGON SRIMULAT. Begitu model rambut saya jaman piyik. -_- Baca lebih lanjut

Susi Susi yang Saya Kagumi

Pertama.

Dulu, ada seorang Susi. Asal Tasikmalaya. Keturunan tionghoa namun mati-matian membela Indonesia. Susi ini prestasinya sangat mendunia. Potensinya  luar biasa, mentalnya juga baja. Susi ini memulai karir dari nol. Sejak umur 14 tahun, masih SMP kelas dua saat itu, dia memutuskan untuk menekuni bidang yang ia sukai. Mimpinya tidak sederhana, dia ingin menjadi juara dan mengharumkan nama bangsa. Jadilah ia hijrah ke Jakarta di usianya yang masih muda.

Susi ini out of the box. Ketika yang lain terbuai mimpi, Susi membangun mimpi mewujudkan cita-citanya. Berjauhan dari keluarga di usia masih belia, tidak menjadikan Susi patah semangat. Setiap hari Susi ini berlatih dengan tekun dan penuh kedisiplinan. Tidak ada waktu baginya untuk berleha-leha atau bergosip dengan teman sekamar menjelang tidur. Baginya, berlatih penuh kedisiplinan adalah sebuah kerja keras yang harus ia tempuh demi mewujudkan mimpinya. Susi ini sangat tekun berlatih. Dan latihan yang ia tekuni membuahkan hasil pada tahun 1989. Ia menjuarai Indonesia Open untuk pertama kalinya di tahun tersebut. Ia juga berhasil menjungkir balikkan lawannya dari Korea Selatan pada perebutan Sudirman Cup pada tahun yang sama.

Puncak karirnya selama beberapa tahun berhasil ia raih dengan menjuarai berbagai turnamen bulutangkis bergengsi. Momen terbaiknya adalah ketika ia berhasil memenangi medali emas olimpiade Barcelona pada tahun 1992. Gelar lain yang bergengsi, berderet dia raih sepanjang karirnya hingga tahun 1999. All England 4 kali. World Cup 5 kali. Indonesia Open 6 kali. Dan sederet gelar lainnya yang hingga saat belum bisa disamai atlet-atlet puteri lainnya.

Susi ini membuat saya kagum dengan prestasinya yang cemerlang. Kerja keras dan prestasinya yang luar biasa, sempat memotivasi saya untuk menyenangi bulutangis, hingga saya pun turut berlatih bulutangkis pada salah satu klub di kota kelahiran saya. Kalimat motivasi yang selalu saya ingat dari Susi yang satu ini adalah ‘Jangan pernah takut gagal sebelum bertanding’. Jangan nyinyir sebelum keliatan hasilnya. Sangat positif sekali, bukan?

Susi ini bernama lengkap Francisca Lucia Susi Susanti, atau lebih dikenal dengan nama Susi Susanti.

Baca lebih lanjut

Kocaknya The Smurf 2

Lebaran sudah usai. Kini saatnya kembali ke rutinitas harian. Bekerja, belajar, dan mengisi waktu diantara keduanya. Nah, di sela-sela aktivitas bekerja dan belajar tersebut, saya berkesempatan menonton film The Smurf 2 dalam format 3D. Film animasi holywood ini lumayan lucu dan membuat saya tertawa ngakak pada beberapa adegan. Cerita tentang para kawanan mahluk biru yang dipimpin Papa Smurf melawan penyihir jahat Gargamel dan kucingnya.

Cerita bermula dengan mimpi Smurfette yang ternyata diciptakan oleh Gargamel untuk menyusup ke Smurf Village. Awalnya Smurfette merupakan smurf-like yang tidak berwarna biru dan berwatak jahat. Namun berkat kasih sayang tulus dan ramuan rahasia Papa Smurf, Smurfette berubah menjadi Smurf biru yang cinta damai dan baik hati. Mimpi tersebut berulang kali hadir pada saat Smurfette berulang tahun.

Diceritakan hari itu Smurfette sedang berulang tahun. Namun para kawanan Smurf , yang sedang mempersiapkan pesta kejutan buat Smurfette, berpura-pura lupa dengan hari istimewa Smurfette tersebut. Gadis Smurf yang baru saja dihantui mimpi buruk itupun bersedih dan pergi ke tepian danau Smurf.

Smurfette - diambil dari theatlantic.com

Cerita melompat ke dunia manusia. Mengisahkan Gargamel yang masih terjebak di kota New York yang berhasil menciptakan dua smurf-like berwatak nakal bernama Vexy dan Hackus. Vexy ini smurf perempuan namun berwatak bangor, sedangkan Hackus Smurf yang berwatak bodoh. Keduanya menjadi ajang ujicoba Gargamel untuk memperoleh sari Smurf yang digunakan untuk sihirnya. Vexy dan Hackus dicoba untuk dijadikan smurf sejati oleh Gargamel agar saripatinya dapat diambil demi langgengnya kekuatan sihir Gargamel. Namun, Gargamel terkendala dengan tidak adanya ramuan rahasia Papa Smurf. Ramuan rahasia ini hanya diketahui oleh Papa Smurf dan Smurfette saja. Jadilah Gargamel berencana menculik Smurfette.  Vexy dan Hackus hanya dapat hidup jika diberi makan dengan setetes saripati Smurf yang masih dimiliki Gargamel dari smurf 1 lalu.

Merasa berkepentingan, Vexy pun bersemangan untuk menculik Smurfette.  Vexy pun berhasil menjalankan misinya ‘membawa pulang’ Smurfette ke ‘keluarga asalnya’. Mengetahui hal itu, Papa Smurf membentuk tim untuk menyelamatkan Smurfette yang diculik Gargamel.

Baca lebih lanjut

Selamat Lebaran….

Lebaran tinggal dua hari lagi. Broadcast message akan segera wara wiri seperti ketika awal ramadhan kemarin. Memang hari ini belum puncaknya Broadcast message, tapi saya sudah dapat empat kiriman ucapan selamat lebaran.

Daripada saya lupa, saya coba tuliskan satu-satu, siapa tau bisa jadi inspirasi buat yang lagi nyari kalimat permohonan maaf, sisanya nanti saya update ya (kalo sempat):

  1. Sebelum lebaran, DELETE dosa, UPLOAD pahala, DOWNLOAD kesabaran, UPGRADE keimanan, BROWSING kebaikan, UPDATE amalan, SHUTDOWN permusuhan, RESTART persaudaraan, selalu ONLINE kan hati kita dijadikan kebaikan. Awas, VIRUS setan, supaya SOFTWARE hati dan jiwa kita tenang dan FREE kemaksiatan. Selamat datang lebaran,maafkan semua salah dan khilaf yang telah saya lakukan, baik disengaja maupun yang tidak disengaja.
  2. Aku lihat RAMADHAN dari kejauhan… Lalu kusapa ia…”Hendak ke mana?” Dengan lembut ia berkata,

    “Aku harus pergi, mungkin JAUH & sangat LAMA…

    Tolong sampaikan pesanku untuk orang MUKMIN:
    Aku akan pergi…Syawal akan tiba…
    Sampaikan salam & terima kasihku untuknya karena telah menyambutku dengan suka cita dan melepas kepergianku dengan derai air mata
    Kelak akan kusambut ia di SURGA dari pintu AR RAYAN”

    Selamat meraih pahala terbaik di detik-detik terakhir RAMADHAN……
    Masih ada beberapa hari lagi untuk bercengkrama dgn RAMADHAN…..

    “Ya اَللّهُ……. andai hari ini ada diantara hamba2-Mu yang Engkau angkat derajatnya, Engkau ampuni dosa2nya, Engkau lapangkan rizkinya, Engkau muliakan keturunannya, Engkau lepaskan dari semua kesulitannya, Engkau indahkan akhlaknya dan Engakau terima amal ibadahnya, Engkau berkahi segala hartanya……

    Maka dengan izin-Mu jadikanlah saudaraku yg sdg membaca ini beserta keluarganya sebaik-baik hamba yg mendapatkannya…         Semoga Allah mempertemukan kita kembali dengan Ramadhan, Ramadhan yang lain dalam keadaan barokah umur, sehat walafiat dalam Ketaatan pada Allah….yang menempati Surga Firdaus….amin ya Robbal ‘alamin.

  3.  

met lebaran

Baca lebih lanjut

Tips Menyiapkan Sahur Bagi Pengekost

Sebagai seorang perantau (cieelah), tentu saja bulan ramadhan seperti sekarang ini saya harus menyesuaikan pola hidup. Jika biasanya sarapan pagi menjadi hal yang bisa dilakukan dimana saja,  kadang di rumah (kost) kadang di kantor, maka untuk bulan ramadhan seperti sekarang ini sahur adalah sebuah keharusan (sunnah lebih tepatnya) yang tidak boleh terlewati.

Banyak anak kost yang biasanya melewatkan sahur karena malas ke luar rumah/kamar. Sementara mereka tidak menyediakan makanan untuk bersahur. Jadilah menu air putih dan, paling banter, mie instant sebagai menu sahur. Atau kalaupun mereka tidak malas, biasanya mereka harus mencari warung (tegal, biar murah hehehe) dan ‘bersaing’ dengan puluhan anak kost lain untuk mengisi perut di saat sahur. Kesiangan sedikit, bisa-bisa menu yang tersedia di warteg tinggal kerupuk karo tempe orek.

Untuk menyiasati hal ini, saya sudah punya trik tersendiri. Ini saya lakukan sejak berpuluh tahun lalu semenjak masih berstatus anak kuliahan di tahun 2000-an. Sebagai seorang pemalas yang tidak mau repot keluar kamar dini hari buta, maka saya mempunyai strategi dengan cara membeli makanan sejak waktu buka. Ini lumayan efektif dan membantu sekali. Apalagi ketika udara dingin dan hujan menjadi penghalang tambahan bagi anak-anak kost keluar rumah untuk membeli makan sahur pagi-pagi buta.

Seperti hari ini (senin, 22/7/2013), hujan turun sejak dini hari. Udara di Bandung menjadi lebih dingin dari biasanya. Dan bisa diduga, sayapun bangun agak sedikit terlambat. Untung saya sudah menyiapkan makanan sejak jam 10 malam. Jadi begitu bangun, gosok gigi, wudhu (cuci muka), saya langsung bisa makan tanpa khawatir telat atau keburu imsyak. Walaupun agak kesiangan, saya masih punya waktu yang terbilang leluasa untuk santap sahur. Ini tentu saja tidak akan terjadi jika saya tidak prepare makanan sejak semalam.

Itu, apa ngga basi, makanan disiapkan dari jam 10 malam?

O tenang aja, makanan yang saya siapkan tentu saja bukan makanan yang dapat basi dalam semalam. Jadi makanan tersebut aman.

Nah untuk lebih jelasnya berikut saya bagikan tips supaya ketika bangun telat, masih bisa sahur, terutama untuk para pengekost seperti saya. Baca lebih lanjut